TIPS mengajar online menggunakan zoom

Kondisi pandemik saat ini menyebabkan sistem pendidikan harus bergerak lebih cepat untuk menyongsong pembaruan teknologinya. Sarana pembelajaran mesti terus berkembang dengan penuh inovasi dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada. Salah satu pilihan sarana yang bisa kita manfaatkan adalah aplikasi video conferrence Zoom. Berikut ini Tips mengajar online menggunakan zoom.

Tips mengajar online menggunakan zoom

Saat ini banyak sekolah yang memanfaatkan aplikasi zoom untuk menyelenggarakan pendidikannya. Tentu untuk memaksimalkan pembelajaran tersebut guru harus memahami trik-trik tertentu agar pembelajaran berjalan optimal.

Sebagai awal penggunaannya sebenarnya cukup mudah, dimana penggunanya bisa mendaftar sendiri atau masuk melalui akun email yang sudah ada. Jadi buat kita yang sudah memiliki akun email dari google (gmail) atau akun facebook, kita sudah bisa menggunakan layanan zoom.

Baca Juga : Cara membuat akun google

Kemudian untuk menggunakan aplikasi zoom ini kita harus download dan instal terlebih dahulu aplikasi zoom. Aplikasi zoom bisa kita instal pada perangkat desktop seperti laptop atau pc, dan perangkat mobile seperti android. Untuk mendownloadnya, silahkan menuju link ini.

Zoom memiliki berbagai fasilitas yang bisa kita gunakan selama pembelajaran, seperti share screen, chat, rekam, dan yang lain sebagainya. Meskipun dalam versi gratis-nya, penggunaan zoom di batasi hanya selama 40 menit saja, akan tetapi kita bisa mengantisipasinya dengan tips berikut ini.

Tentukan Jadwal .

Perhatikan jadwal mengajar yang sudah di tetapkan oleh sekolah. Tetapkan jadwal ‘meeting’ zoom dengan batas maksimal. Misal jika dalam satu hari kita terjadwal mengajar selama 80 menit (2 jam pelajaran), maka kita bisa atur pertemuan selama 1 jam 30 menit.

Penentuan jadwal ini penting, khususnya bagi yang memanfaatkan zoom versi gratis, agar link zoom tidak berubah. Meski demikian, dalam 40 menit zoom akan terputus terlebih dahulu, dan namun jangan khawatir, link pertemuan zoom masih berjalan dan kita bisa melanjutkan kembali dengan menggunakan link yang semula.

Non-aktifkan Waiting Room

Ini khususnya bagi guru yang tidak di dampingi oleh host. Pengaturan ini bertujuan agar guru bisa lebih fokus untuk mengajar tanpa perlu di repotkan dengan proses admit siswa, yang seringkali ada di tengah-tengah saat kita mengajar. Dengan demikian waktu pembelajaran akan berjalan lebih efisien.

Selain itu, kita bisa juga mengatur pengaturan lain yang bisa memaksimalkan pembelajaran kita. Seperti mempersilahkan peserta didik untuk bergabung kapan saja, dan melakukan perekaman secara otomatis saat pertemuan zoom di mulai.

Manfaatkan fitur background

Pada tahap ini kita masuk ke dalam aplikasi zoom, dan mulai melakukan pengaturan beberapa saat sebelum pertemuan di mulai. Salah satu yang bisa kita manfaatkan adalah fitur background yang bertujuan agar tampilan di belakang kita menjadi lebih berwarna dan ceria.

Pemilihan background yang tepat bisa menciptakan suasana pembelajaran yang lebih nyaman dan bisa juga menjadi bagian trik agar siswa fokus. Kita bisa menampilkan judul materi atau sekedar petunjuk kuis agar peserta berkonsentrasi pada layar.

Cegah agar peserta tidak ikut mencoret layar share screen

kita bisa mengandalikan fitur annotation pada saat aktfiitas share screen. Fitur annotation ini sebetulnya bertujuan agar terjadi interaksi dan kolaborasi antar pemateri dan peserta pertemuan. Akan tetapi jika fitur annotation ini malah menjadikan pembelajaran kurang maksimal, maka sebaiknya di non-aktifkan saja.

Demikian beberapa tips mengajar online menggunakan zoom. InsyaAllah, artikel ini akan senantiasa update untuk menambahkan tips-tips yang lainnya. Semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *