Di era dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini, memperoleh informasi dari internet menjadi sangat mudah. Hanya tinggal beberapa kali klik maka kamu sudah bisa memperoleh banyak informasi dari berbagai topik. Informasi menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang untuk menentukan langkah-langkahnya dalam kehidupan.

Pentingnya Memperoleh Informasi

Contoh, sebelum mendapat informasi mungkin kita memakai sendal dengan asal-asalan, dan setelah memperoleh informasi tentang hadis dan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW tentang tata cara memakai sendal, akhirnya cara kita memakai sendal pun berubah. Informasi dalam bentuk apapun, besar ataupun kecil, semuanya penting dan berharga.

Bayangkan jika kita, tidak mengetahui hadis dan sunnah yang mengajarkan tata cara memakai sendal, besar kemungkinan seumur hidup kita akan menggunakan sendal dengan cara yang salah, lebih jauh, kita tidak bisa lebih dekat dengan Rasulullah SAW.

Itu satu contoh bagaimana pentingnya informasi, belum lagi banyaknya informasi yang ada di dunia ini. Allah SWT berfirman,

Katakanlah (wahai Muhammad), “Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabbku, sungguh habislah lautan itu sebelum kalimat-kalimat Rabbku habis (ditulis), meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula). [al-Kahfi/18:109]

”Siapa yang menguasai informasi maka dia akan menguasai dunia” Pepatah

Lantas, Bagaimana cara memperoleh informasi dari Internet ?

Internet salah satu sumber informasi (sumber : pIxabay.com)

Kehadiran teknologi Informasi menjadikan informasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat dalam pengaksesannya. Sehingga kehadiran informasi ini menjadi suatu kebutuhan tersendiri bagi orang-orang untuk menjalani berbagai aktifitas dan interaksi ke sesamanya. Oleh karena itu, untuk mengendalikan , mengontrol, dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak baik, maka pemerintah membuat undang-undang Transaksi dan Informasi Elektronik atau UU ITE.

Kompleksitas perkembangan informasi menjadi biastergantung bdari berbagai kepentingan. Informasi yang tersebar menjadi berbaur, antara yang realita dengan yang fiksi, atau antara fakta dengan hoax. Oleh karena itu tidak cukup jika kita hanya mengandalkan Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) untuk menyaring informasi yang kita miliki. Lebih jauh, masing-masing pengguna dan pengakses infomrasi di media digital harus memiliki kesadaran pribadi dalam melakukan penyaringan informasi.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa berita, maka cek dan riceklah berita itu, agar kamu tidak menimpakan suatu malapetaka kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya, sehingga kamu menyesal atas perbuatan itu.” (QS. Al-Hujuraat [49]: 6).

Baca juga : Download lampiran UU ITE

Sebagian besar informasi tersebut berada di Internet. Maka penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cra memperoleh dari internet, salh satunya melalui cara-cara sebagai berikut

Search Engine

  • Gunakan Keyword atau kata kunci pencarian. Jika kita akan mencari informasi tertentu, coba buat sebuah kalimat tanya yang tujuannya memperoleh informasi berupa jawaban. Nah, kalimat tanya ini kemudian kita potong menjadi kalimat inti-nya saja. Contoh : Kita akan mencari informasi tentang tentang sekolah paling murah di Cianjur. Kemudian buat kalimat tanya menjadi “Sekolah mana yang memiliki biaya paling murah di Cianjur ?”. Setelah itu kita potong menjadi beberapa kata saja sehingga menjadi, “Sekolah murah cianjur“.
  • Perhatikan kesesuaian informasi. Perhatikan beberapa informasi yng muncul di deretan paling atas di hasil pencarian. Untuk memastikan informasi yang kita dapatkan sesuai, maka silahkan baca terlebih dahulu judul dan potongan artikelnya. Untuk mempersingkat waktu pencarian silahkan pilih 3 link yang menurut kamu memuat informasi yang paling sesuai.
  • Baca keseluruhan informasi. Untuk mendapatkan informasi secara utuh, maka hindari membaca artikel sepotong atau sebagian saja. Hindari menyebar link artikel sebelum kamu membaca dan memahami isinya.
  • Setelah kamu terbiasa dengan aktifitas-aktifitas di atas, maka kamu akan menemukan sumber-sumber informasi yang berkualitas, simpan dan ingatlah berbagai situs berkualitas tersebut.

Media Sosial

  • Perhatikan caption atau utas yang tersambung. Satu postingan terkadang tidak menggambarkan secara utuh maksud dan isinya, maka coba perhatikan berbagai keterangan yang mungkin tersemat dalam konten tersebut.
  • Lihat Hashtag. Jika postingan yang memuat informasi itu ternyata adalah sebuah informasi umum, maka baiknya bandingkan satu konten dengan konten lain dalam satu rumpun informasi yang sama. Gunakan pencarian hashtag agare menambah kualitas informasi yang kamu dapatkan.
  • Sesekali ikut diskusi atau komentar. Terkadang pemilik konten akan menjelaskan lebih detil terkait informasi yang ada pada postingan dalam kolom komentar. kamu bisa mengikuti diskusi orang lain, atau kamu sendiri mengajukan pertanyaan.
  • Kenali akun berkualitas. Jangan terjebak dengan kata-kata indah atau desain konten yang indah, sementara akun yang mempostingnya ternyata terkenal penyebar hoax. Sebaiknya ikuti akun-akun berkualitas yang bermanfaat saja.

Informasi yang kita miliki, lebih baik di share atau jangan ?

Islam telah mengajarkan kepada kita bagaimana cara memperoleh informasi yang benar dan bagaimana cara mengolahnya. Nah, sebagai salah satu yang aktif dalam dunia internet, kita memiliki andil dalam persebaran informasi. Dengan memahami ini, harapanny kita semakin bijak dalam melakukan pemilihan informasi dan penyebarannya.

Informasi sejatinya adalah sebuah amal jariyah, jika kita menyebarkan sebuah informasi yang benar dan bermanfaat, maka selama ada orang yang memanfaatkan informasi tersebut kita akan memperoleh pahala. Begitupun sebaliknya, jika kita turut menyebarkan informasi tidak benar (hoax) maka, dosanya pun turut mengalir pada diri kita.

Demikian cara memperoleh informasi dari internet ini semoga bermanfaat. Silahkan menyampaikan kritik, saran dan masukan melalui kolom komentar dibawah.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.