Tips Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Mungkin hari ini pengguna smartphone sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia, meliputi segala rentang usia dan dalam berbagai lapisan masyarakat. Berbagai fitur yang tersemat dalam smartphone memudahkan penggunanya dalam menjalani berbagai aktifitas dan profesi. Sehingga rasanya tidak heran jika sebagian orang menempatkan smartphone sebagai salah satu dari kebutuhan primer mereka. Nah kali ini kita akan membahas, berbagai tips yang bisa kita pertimbangkan dalam memilih smartphone.

Secara fungsionalitas, pada dasarnya smartphone adalah pengembangan lebih jauh dari telepon. Hal ini terlihat dari kata ‘phone’ yang merujuk pada fungsi perangkat komunikasi via suara tersebut. Teknologi telepon yang kemudian hari menjadi handphone (telepon genggam) kini berkembang kian canggih sampai menjadi smartphone (telepon pintar). Padanan kata ‘Smart’ merujuk pada fungsi komputer yang tersemat pada perangkat komunikasi ini. Sehingga saya pribadi berpendapat jika smartphone adalah komputer genggam yang memiliki kemampuan utama untuk berkomunikasi.

Baca juga : Tips Memilih Komputer

Pertimbangan dalam Memilih Smartphone

Kehadiran smartphone harus sesuai dengan kebutuhan kita, agar fungsinya bisa teroptimalkan dengan baik. Hal lainnya tentu secara finansial, sebaiknya kita bijak dalam memutuskan untuk membeli smartphone. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih smartphone,

Kenali kebutuhan

Kembali ke pertanyaan mendasar, untuk apa kita membeli smartphone ?

Jawaban dari pertanyaan ini akan memberikan gambaran penggunaan smartphone pada kegiatan harian kita. Pengenalan kebutuhan bisa terlihat dari bidang profesi yang kita geluti, seperti pengajar, pelajar, desainer, pengusaha, teknisi dan banyak profesi lainnya. Tentu hari ini varian smartphone yang bisa menjadi pilihan pun tersedia sangat banyak.

Hal lain yang bisa menjadi referensi pengenalan kebutuhan kita dengan mengukur usia serta aktifitas harian. Contoh, seorang pelajar tentu selain untuk mendukung pengerjaan tugas-tugas sekolah, juga membutuhkan performa smatrphone untuk hiburan. Atau seorang konten kreator muda yang membutuhkan sebuah smartphone yang mendukung kegiatan eksplorasi kreatifitasnya.

Tentukan Sistem Operasi

Android dan iOS adalah dua sistem operasi terbesar saat ini. Masing-masing sistem operasi ini memiliki kekurangan dan kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan bagi kita untuk menentukan smartphone yang akan kita pilih. Android tentu terkenal dengan kompabilitas hardware yang sangat luas serta pilihan harga yang bersaing. Sementara iOS memiliki keunggulan di aspek kestabilan dan pemeliharaan yang lebih terjaga, serta ketersediaan aplikasi yang lebih up to date.

Ukuran Layar

Meskipun bertajuk perangkat genggam, tidak selamanya ukuran kepalan tangan menjadi patokan dalam kenyamanan penggunaan. Kembali lagi, setiap pengguna membutuhkan ukuran layar yang berbeda-beda agar mendukung kenyamanan dalam beraktifitas. Seorang yang keseharian sibuk dengan komunikasi misalnya, pastinya lebih membutuhkan perangkat dengan ukuran layar yang relatif kecil. Sementara seorang animator mungkin akan lebih nyaman menggunakan perangkat dengan ukuran layar yang lebih lebar.

Berbagai fitur dan teknologi pengembangan pun sudah bermunculan sehingga varian layar tidak lagi tentang ukuran saja. Ketahanan dan sensitifitas serta kerapatan resolusi menjadi pilihan lain dalam menentukan perangkat yang akan kita gunakan.

Memori Penyimpanan

Media penyimpanan menjadi hal lain yang patut dipertimbangkan. Berbagai file yang tersimpan dalam perangkat kita harus mendapat alokasi khusus, sehingga tidak mengganggu performa smartphone. Apalagi saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi, ukuran file bisa menjadi lebih besar. Untuk sekali jepret saja, satu foto akan menghabiskan rata-rata 3 MB, belum ratusan foto yang rencananya akan kita koleksi. Begitupun video dan file-file multimedia lain yang membutuhan memori penyimpanan yang besar tergantung dari kualitas yang dimilikinya.

Begitupun dengan aplikasi-aplikasi yang akan instal nantinya. Setiap aplikasi akan menggunakan alokasi penyimpanan untuk menyimpan berbagai file dan media. Contoh, whatsapp akan senantiasa menyimpan secara otomatis setiap file-file yang kita terima. Ketersediaan media penyimpanan ini akan mempengaruhi performa smatrphone seiring waktu pemakaian.

Daya Baterai

Aktifitas mobile dan penggunaan di luar ruangan akan membutuhkan daya baterai yang tahan lama. Kenali spesifikasi baterai yang tertera pada perangkat pilihan kita, agar penggunaan bisa lebih maksimal. Sebagai contoh, smartphone Nokia terbaru disinyalir memiliki baterai dengan daya tahan hingga 2 hari pemakaian !

Baca Juga : Resmi, Nokia 5.4 rilis di Indonesia

Memilih Smartphone (sumber : pixabay)

Bijak dalam Memilih Smartphone

Selanjutnya hal yang paling penting dalam menentukan smartphone yang akan kita pilih adalah ketersediaan anggaran. Sebenarnya aturan sederhana dalam menentukan smartphone tentu di lihat dari harga yang ditawarkan. Kita bisa menilai dari berbagai spesifikasi dan performa yang terbaik selalu mematok harga yang relatif tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya luangkan waktu kita untuk menimbang-nimbang kembali harga yang pantas kita bayar untuk perangkat yang akan kita gunakan.

Keuntungan yang Kita Peroleh

Bagi kita sebagai orang dewasa mungkin patut mempertimbangkan keuntungan apa yang akan kita peroleh dengan harga yang harus kita bayar tersebut. Pertimbangkan apakah keberadaan smartphone akan berkorelasi langsung dengan peningkatan pendapatan kita. Atau mungkin keberadaan smartphone akan mempengaruhi kualitas keseharian kita menjadi lebih baik dan produktif.

Harga sebuah smartphone sebenarnya adalah investasi, dan tentu sebuah investasi haruslah menguntungkan. Bila perlu buatlah target-target dengan smartphone baru yang kita miliki sehingga nilai manfaatnya akan lebih terasa. Hal ini juga penting kita sampaikan pada anak-anak kita, saudara, atau orang lain yang akan memutuskan membeli smartphone baru.

Alokasi Anggaran

Perhatikan juga anggaran-anggaran lain yang sifatnya lebih penting dan mendesak. Smartphone memang bisa menjadi perangkat penting dan menjadi skala prioritas tertinggi. Akan tetapi perlu kita melihat kembali anggaran tabungan, kesehatan, dan kebutuhan lainnya. Dan jangan lupa juga anggaran untuk pemeliharaan smatrphone, mulai dari kuota dan pulsa bulanan, biaya langganan aplikasi sampai biaya perbaikan untuk kerusakan-kerusakan tak terduga.

Tentukan Waktu

Nah terakhir, ketika pilihan sudah jatuh, mungkin ada baiknya kita berhenti sejenak untuk menunggu waktu yang pas. Seringkali kita menemukan promo di waktu-waktu tertentu. Tentu ini bisa memberikan keuntungan sehingga kita bisa memiliki smartphone yang di idam-idamkan dengan biaya yang sedikit lebih murah. Atau bisa jadi kita menunggu waktu beberapa saat setelah perilisan smartphone baru yang menadi incaran, biasanya harga smartphone akan relatif turun dibandingkan dengan harga ketika pertama kali rilis.

Demikian informasi dan tips memilih smartphone kali ini, semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan kritik, saran dan masukan di kolom pertanyaan dibawah.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *