Mau Membeli Komputer baru ? ini tips cara memilihnya

Seringkali saya mendapat pertanyaan, baik dari teman, keluarga atau peserta didik diluar kelas, tentang cara memilih komputer. Biasanya pertanyaan ini muncul ketika mereka baru akan membeli komputer baru, baik laptop maupun smartphone. Nah, kali ini saya akan menuliskannya, biar tidak susah-susah lagi menjelaskan. Jadi kalau ada yang bertanya tentang sebaiknya beli laptop yang mana, jangan sungkan, arahkan saja ke blog ini. πŸ˜€

Sekarang komputer menjadi bagian yang hampir tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Seiring perkembangan zaman, ukuran komputer pun menyesuaikan untuk mengikuti mobilitas dari penggunanya. Ukuran laptop ataupun smartphone, sekarang bervariasi mulai dari yang tipis, lebar, lipat, putar, dan yang lain sebagainya. Hanya saja, seiring banyaknya varian dari berbagai komputer tersebut, seringkali malah membuat kita menjadi bingung.

Membeli komputer sesuai kebutuhan

Sebelum kita mulai melakukan pemilihan komputer, maka kita wajib untuk mengidentifikasi dahulu komputer yang nanti kita beli akan kita gunakan untuk apa.Tentu kebutuhan komputer seorang desainer itu berbeda dengan komputer seorang programmer, kebutuhan seorang pelajar akan berbeda dengan seorang gamer, begitupun seroang pengajar dibandingkan seorang pengusaha atau entrepreuner.

Dalam artikel ini kita akan mencoba untuk membagi user kedalam beberapa kelompok agar lebih memudahkan ya..

Membeli Komputer untuk Pelajar

Pada kelompok ini, selain pelajar juga mewakili pengguna lain yang memiliki aktifitas yang hampir serupa, seperti pekerja administrasi misalnya. Pada kelompok ini aktifitas di dominasi oleh penggunaan aplikasi office, browser, tele-conferrence, dan aplikasi penunjuang lain seperti pemutar multimedia dan game sederhana.

Berikut kurang lebih spesifikasi yang cukup untuk kelompok ini,

KomponenSpesifikasi
ProsessorMinimal memiliki kecepatan 1.6 GHz dan memiliki 2-core. Contoh : intel Celeron N4000, N3350, N4020, AMD A4, A9
Memory4 GB (Memori standar untuk menjalankan windows 10)
HarddiskHDD, kalau bisa diupayakan untuk SSD
VGAOn Board
Kisaran Harga3 – 7 juta

Untuk profesi guru untuk mengajar, pengusaha, freelancer, atau marketer yang mungkin akan lebih dominan untuk melakukan presentasi pada klien, maka bisa mempertimbangkan keberadaan port untuk share screen, seperti HDMI, VGA Port, atau kemampuan berbagi layar secara wireless, seperi miracast.

Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah mobilitas dari perangkat yang akan kita gunakan. Jika komputer yang kita pakai sering di bawa bepergian, maka pilihlah yang berbobot lebih ringan. Kemudian perhatikan juga kekokohan struktur komponen.

Membeli Komputer untuk Content Creator

sumber : pixabay.com

Aktifitas menciptakan dan mendistribusikan karya berupa file multimedia termasuk dalam kelompok ini, seperti Desainer, Pembuat konten, Fotografer, Videografer, Composer, dan yang lain sebagainya. Untuk menunjang berbagai aktifitasnya maka dibutuhkan komputer dengan spesifikasi yang mumpuni. Hal ini disebabkan beberapa software membutuhkan system requirement yang khusus.

Sebagai contoh, untuk menjalankan aplikasi semacam corel draw, adobe photoshop, Adobe After Effect, Adobe Audition, membutuhkan spesifikasi tertentu agar berjalan secara optimal. Berikut perkiraan spesifikasi yang dibutuhkan,

PerangkatSpesifikasi
ProsesorProsesor yang memiliki multicore, dari varian intel biasanya dari seri i3 keatas, sementara dari varian AMD mulai dari AMD Athlon
MemoryMinimal 4 GB, lebih besar lebih baik
HarddiskSebaiknya SSD, bisa di integrasikan dengan HDD baik internal maupun eksternal untuk penyimpanan konten
VGASebaiknya mulai menggunakan VGA Add ON dengan memory minimal 1 GB
Kisaran Harga5 – 10 Juta

Komputer untuk Gamer

Gamer dalam hal ini akan mewakili kelompok yang membutuhkan performa tinggi di segala aspek. Termasuk developer game atau multimedia yang membutuhkan kemampuan renderring 3D misalnya. Beberapa game atau aplikasi menuntut spesifikasi yang tinggi agar bisa berjalan optimal dan tentunya pengalaman bermain game yang mengesankan.

Memang sederhananya, memilih komputer khususnya laptop kita tinggal memilih tipe yang berlabel ‘for gaming’. Disana sudah tersedia berbagai pilihan spesifikasi yang memang ditujukan untuk optimalisasi dalam menjalankan game. Di ASUS misalnya, kita mengenal seri ‘Republik of Game (ROG)’ atau di HP dengan seri ‘omen’, Dell dengan ‘alienware’, dan LENOVO dengan seri ‘legion’.

Opsi lain (dan pilihan yang lebih terjangkau) adalah dengan merakit PC. Namun hal ini akan menimbulkan kekurangan berupa mobilitas yang kurang, dan membutuhkan space ruangan khusus. Tapi sebagai seroang gamer sepertinya bukan masalah terlalu besar bukan ?

baik berikut spesifikasi yang mungkin bisa menjadi acuan,

PerangkatSpesifikasi
ProsesorHarus yang berkecapatan tinggi (dilihat dari satuan Hz). Dari seri intel bisa dari seri i7 keatas, sementara AMD bisa seri Ryzen.
MemoryLebih dari 8 GB
HarddiskSebaiknya SSD
VGAWajib VGA Add On dengan memory lebih dari 2 GB
Kisaran HargaLebih dari 7 Juta

Lalu bagaimana dengan programmer ? Berdasarkan pengalaman, kebutuhan laptop berdasarkan jenis aplikasi yang sedang dibuat dan bahasa pemrograman yang dipakai. Untuk sekedar menjalankan program dasar php, c++, atau pyhton yang menggunakan code editor notepad++ atau VS Code, masih lancar menggunakan laptop dengan prosesor AMD A4 dan dengan RAM 4 GB. Namun untuk menjalankan visual studio, atau android studio, mulai terasa berat dan membutuhkan upgrade memory. Apalagi unity sepertinya.. πŸ˜€

Kita bisa membandingkan performa perangkat yang kamu inginkan secara langsung di sini. Next, saya akan membuat artikel untuk pemilihan smartphone sepertinya. Silahkan ditunggu komentar nya !

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

3 Comments

  1. Nana Wihana
    Maret 8, 2021
    Reply

    Mantab artikelnya. Terimakasih telah berbagi dan mnginspirasi. Good job

    • kanghadad
      Maret 8, 2021
      Reply

      Alhamdulillah… terima kasih atas kunjungannya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *