Kita seringkali browsing di google untuk melakukan pencarian informasi, baik itu untuk kebutuhan pekerjaan, tugas, atau hanya sekedar mengisi waktu luang. Keterbukaan informasi menjadikan banyaknya pilihan sumber informasi yang akan kita baca. Sayangnya, tidak sedikit sumber informasi yang kurang berkualitas atau malah kita seringkali “tersesat” dalam informasi yang berbeda. Kali ini kita akan membahas tips browsing google agar pencarian efektif dan akurat sehingga kita bisa memperoleh informasi yang berkualitas.

Tips Browsing Efektif dan Akurat

Google adalah search engine atau aplikasi pencarian yang paling terfavorit saat ini. Jutaan aplikasi bersaing agar muncul di urutan pertama pencarian google berdasarkan kata kunci-nya masing-masing. Namun sayangnya, sebagian website mengabaikan kualitas informasi yang disajikan hanya demi mengejar traffik pencarian.

hasil pencarian google, 224.000 informasi kurang dari 1 detik

Meski demikian, seiring perkembangan teknologi dan sistem yang ada di google, penyaringan informasi menjadi lebih selektif. Google memiliki algoritma yang cukup mumpuni untuk memilah jutaan informasi dan menampilkan yang terbaik yang bisa kita baca. Namun tidak cukup dengan mengandalkan hal tersebut saja, berikut beberapa tips agar hasil pencarian bisa lebih efektif dan akurat.

Susun Kata Kunci Pencarian Sesederhana mungkin

Bagaimanapun juga google adalah sebuah robot yang bekerja dengan algoritma, melakukan pencarian dengan kalimat tanya yang lengkap tidak akan menghasilkan informasi yang lebih akurat. Fokus pada beberapa kata yang akan kamu cari informasinya.

Misal, kamu ingin mencari tahu informasi tentang harga komputer tercanggih saat ini. Jika kita mencari informasi ini lewat komunikasi dengan manusia, maka kalimat tanya yang benar adalah, “Berapakah harga komputer yang paling canggih saat ini ?”. Akan tetapi dalam kotak pencarian google, kita ubah kalimat tanya ini menjadi beberapa kata sederhana, yaitu “Harga komputer tercanggih.”

Membiasakan hal ini akan membuat efektif waktu yang kita gunakan dalam aktifitas browsing. Contoh lain, saat kita mencari di google dengan kata kunci “toko yag menjual komputer di Cianjur”, sebenarnya google bisa menampilkan informasi yang hampir serupa dengan kata kunci “Komputer Cianjur”. Lebih singkat dan mudah bukan ?

Buka di Tab Baru untuk melakukan perbandingan informasi

Sebaiknya buka setidaknya tiga situs teratas dalam pencarian informasi yang kita maksud. Tujuannya adalah untuk membandingkan kualitas dari tiga informasi yang tampil. Memang efektifitas waktu akan sedikit berkurang, akan tetapi kualitas dari informasi akan terjamin lebih akurat.

Perbandingan Informasi akan menambah kualitas informasi yang diperoleh

Gunakan tab yang tersedia.

Di google terdapat [ilihan tab yang bisa mempersempit jangkauan informasi yang kita butuhkan. Tab seperti gambar, berita, video, maps akan memberikan informasi spesifik yang akan membantu kita menemukan informasi lebih akurat.

Beberapa tab default google

Manfaatkan tanda petik.

Google memiliki jutaan informasi yang bercampur satu sama lain, dan seringkali google tidak mengerti apa sebenarnya yang sedang kita cari. Penggunaan tanda petik akan memaksa hasil pencarian menampilkan kata termuat di dalam tanda petik agar muncul dalam hasil pencarian.

Google akan menampilkan informasi yang mengandung kata tikrar

Gunakan tanda hubung (-)

Tanda hubung (-) berfungsi untuk menampilkan informasi yang spesifik dan mengabaikan informasi-informasi yang tidak sesuai atau yang tidak kita inginkan. Contoh, ketika kita mencari informasi tentang fotosintesis, dan kita akan mengabaikan informasi yang berasal dari situs brainly.

setelah menggunakan kata hubung (-) hasil pencarian akan menghilangkan informasi dari situs brainly

Menggunakan Tanda Bintang (*)

Tanda bintang bisa kita gunakan jika kita lupa dengan kata kunci pencarian. Google akan mengingatkan dan memberikan prediksi kata kunci yang kita maksud.

hari lahir dari * kemudian di prediksi oleh google denga nhari lahir dari pancasila

Jika ingin mencari informasi di situs tertentu

Mungkin kita memiliki referensi situs favorit, akan tetapi kita kesulitan jika mencari informasi tertentu. Maka kita bisa memanfaatkan google untuk mencari informasi tersebut, dengan menggunakan frasa site:(nama website).

Pencarian informasi tentang website di situs kang hadad

Baca Juga : Pengertian website dan jenis-jenisnya

Mencari Tahu istilah terkini

Kita bisa menggunakan kata “define:” sebelum pengetikan kata kunci di kotak pencarian. Hasilnya kita akan memperoleh informasi terkait pengertian dari kata yang dimaksud. Dalam penggunaan bahasa indonesia kita bisa juga mencari pengertian sebuah istilah dengan mengetikan kata “adalah” setelah kata kunci.

Mencari pengertian dari kata akhi

Mencari Informasi gambar

Mungkin kamu memiliki sebuah gambar yang lama tersimpan, dan ingin mencari tahu sumbernya. Dalam kotak pencarian gambar kamu bisa upload gambar yang dimaksud dan kamu akan menemukan sumber serta informasi seputar gambar tersebut.

Pencarian infromasi dari sebuah gambar

Demikian beberapa tips dan teknik browsing google agar pencarian efektif dan akurat. Silahkan sampaikan kritik, masukan dan saran di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.