Mengenal Sistem Operasi Komputer

Berbagai perangkat komputer hadir dengan beragam kecanggihan dan fungsi yang semakin berkembang. Penggunaan komputer pun tidak terbatas pada aktifitas-aktifitas pekerjaan, pembelajaran, atau penggunaan standar lainnya. Untuk memfungsikan dan memaksimalkan hal-hal tersebut komputer harus memiliki sistem operasi. Kali ini kita akan mengenal sistem operasi, fungsi dan jenis-jenisnya.

Mengenal Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi adalah sebuah jenis perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengendali dari keseluruhan sistem komputer. Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer baik hardware maupun software dan menghubungkan sumber daya tersebut dengan pengguna (user). Harapannya, penggunaan sistem operasi mampu memaksimalkan kinerja, mencapai segala target dan tentu nyaman digunakan oleh pengguna.

Sistem operasi memiliki kemampuan untuk menyambungkan ketiga jenis perangkat dalam sistem komputer. Hardware dan sistem operasi berinteraksi melalui program khusus bernama driver. Dengan driver inilah sistem operasi mampu membaca berbagai perangkat keras yang tersambung. Sementara untuk berkomunikasi dengan brainware atau user, sistem operasi akan menjalankan User Interface yang tepat.

Baca Juga : Jenis-jenis User Interface

Contoh-contoh Sistem Operasi Komputer

DOS

DOS atau yang merupakan singkatan dari Disk Operating Sistem adalah sistem operasi yang berjalan dalam bentuk Command Line Interface. Artinya untuk melakukan pengolahan data, sistem operasi ini menerima inputan perintah melalui keyboard. DOS merupakan varian awal dari perkembangan sistem operasi.

Varian DOS yang paling terkenal adalah Ms-DOS atau Microsoft-Disk Operating System, dan yang lainnya adalah IBM PC-DOS (International Bussines Machine Personal Computer-Disk Operating System). Ms-DOS berasal dari perusahaan Microsoft, sementara IBM PC-DOS berasal dari perusahaan IBM. Kedua perusahaan ini tercatat bekerja sama untuk membangun sistem operasi DOS pada tahun 1980-an.

Tampilan freeDOS

Sementara untuk varian yang bebas dan gratis digunakan maka pilihannya adalah freeDOS. Kalau kita membeli laptop baru yang tanpa OS, biasanya freeDOS menjadi OS bawaan laptop tersebut. Hal ini karena freeDOS memiliki ukuran yang ringan dan tampilan yang sederhana, akan tetapi cukup untuk menjalankan beberapa fungsi standar sebelum user memutuskan untuk menginstal sistem operasi apa selanjutnya.

Windows

Windows adalah sistem operasi besutan Microsoft yang berkembang sejak awal tahun 1990-an. Perkembangan windows tidak terlepas dari pengembangan yang dilakukan oleh microsoft terhadap sistem operasi Ms-DOS. Hingga tahun 1995, windows sudah sepenuhnya lepas dari ms-DOS dan mulai berkembang secara utuh sebagai sistem operasi Windows.

Saat ini windows telah digunakan oleh lebih dari 1,3 milyar pengguna komputer di seluruh dunia. Hal ini tidak terlepas dari mudahnya penggunaan dari sistem operasi satu ini. Salah satu tampilan yang khas dari sistem operasi windows ini adalah menu start pada taskbar yang menjadi ikonik penggunaan windows. Versi teranyar dari sistem operasi windows ini adalah windows 10.

MacOS

Bagi pengguna macbook atau komputer lain produksi dari Apple pasti sudah tidak asing dengan sistem operasi satu ini. Mac OS X adalah varian terbaru dari macOS ini. Mac OS X yang dimana penggunaan “X” merujuk untuk angka 10 dalam bahasa romawi, sehingga dibaca pulan mac-OS ten, meskipun ada pula membacanya dengan “eks”. Sistem operasi ini adalah sistem operasi khas milik apple buah karya dari mendiang Steve Jobs.

Berbeda dengan windows, pengguna sistem operasi macOS memiliki pangsa pasar khusus seiring dengan strategi marketing perusahaan Apple. Dimana para pengguna produk apple, baik Macbook ataupun iPhone akan merasakan sensasi kemewahan dan pengalaman ekslusif dari setiap penggunaan produk besutan apple ini. Pun sama halnya dengan MacOS yang manawarkan tampilan yang elegan dan indah. Aplikasi Dock adalah aplikasi khas yang muncul dalam sistem operasi ini.

Linux

Jika berbicara sistem operasi yang gratis, bebas untuk modifikasi dan tersedia dalam banyak pilihan maka jawabannya adalah Linux. Linuz torvalds pada tahun 1991 mulai mengembangkan sistem operasi yang bersifat open source ini. Meski demikian, linux tetap mendapat dukungan dari berbagai kompetitor raksasa seperti microsoft dan apple, dan bahkan digunakan pula di berbagai perangkat seperti xBox dan Playstation. Android adalah salah satu contoh sistem operasi yang berasal dari pengembangan sistem operasi linux.

Keberagaman linux ini menjadi daya tarik tersendiri bagai para penggunanya dari berbagai kalangan, dan yang paling penting semua varian ini tersedia secara gratis. Selain itu, linux memilki sistem keamanan yang terkenal kuat dan kokoh, sehingga banyak perusahaan-perusahaan besar yang lebih memilih linux untuk pengamanan data-datanya. Berbagai contoh varian linux adalah ubuntu, mint, kali, blankON, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masih ada beberapa contoh sistem operasi komputer seperti unix dan chrome OS misalnya, dan beberapa sistem operasi pun kini merambah ke perangkat mobile seperti android, iOS, Windows Phone, dan yang lainnya. Demikian artikel tentang Mengenal Sistem Operasi Komputer. Semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *