sepintas tentang Bimbingan TIK

Kurikulum 2013 mengantarkan babak baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu yang terkena dampak yang sangat signifikan adalah terkait keberadaan mata pelajaran TIK. Melalui artikel ini, kali ini kita akan mengenal sepintas tentang bimbingan TIK sebagai pengganti dari mata pelajaran TIK.

Mengenal Bimbingan TIK

Peran teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum 2013 hadir dengan warna yang berbeda. Tuntutan zaman dan tantangan masa depan mengharuskan pendidikan TIK bertransformasi. Pertemuan di dalam kelas dengan materi yang kaku dan terbatas di anggap sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman.

Pandangan menteri pendidikan dan kebudayaan terkait TIK ini kemudian tertuang melalui Peraturan Menteri pendidikan no 68 tahun 2014 yang kemudian perubahannya pada Peraturan Menteri Pendidikan no 45 tahun 2015. Kali ini TIK bukan lagi berdiri sebagai mata pelajaran yang harus di ajarkan di dalam kelas, tetapi ia adalah materi bimbingan non-mapel.

Sepintas program bimbingan TIK ini serupa dengan program Bimbingan Konseling, dimana penyelenggaraannya di luar kelas dengan mekanisme yang berbeda. Berikut ini beberapa sistem yang terdapat pada bimbingan TIK,

Sistem Bimbingan

Sebagaimana bimbingan konseling, pelaksanaan bimbingan TIK terjadi di luar jam kelas. Dengan demikian, seorang guru TIK harus siap untuk melakukan pengajaran dan bimbingan di luar jam formal satuan pendidikan. Tentu hal ini karena temuan masalah dan kebutuhan solusi dari setiap individu berbeda-beda.

Meskipun demikian, guru TIK tetap bisa melakukan aktifitas lain di dalam jam formal, seperti pendampingan penggunaan Laboratorim komputer misalnya.

Sasaran

Objek sasaran bimbingan TIK menjadi semakin luas dengan tidak hanya siswa sebagai objek bimbingannya. Dalam uraian tugas pada permendikbud di atas, seorang guru TIK juga berkewajiban untuk melakukan pembimbingan ke sesama guru, dan tenaga kependidikan lainnya. Sederhananya, kehadiran guru TIK pada kurikulum 2013 ini menjadi bagian penting yang berpengaruh terhadap pemberdayaan teknologi di sekolahnya masing-masing.

Tentu dengan permasalahan yang berbeda dan tuntutan solusi yang berbeda-beda pula, menuntut hadirnya seorang guru TIK yang benar-benar kompeten. Di sisi lain, satuan pendidikan pun harus memahami peran guru TIK ini sehingga, ekosistem teknologi pembelajaran bisa benar-benar berjalan dengan maksimal.

Perhitungan Jam Bimbingan TIK

Telah di sebutkan jika jam kerja dari seorang guru TIK memungkinkan berada di luar jam formal sekolah, lantas bagaimana perhitungannya? Begitupun dengan perhitungan jam kerja, sistem bimbingan TIK mengadopsi sistem program konseling, dimana terpenuhinya kewajiban jam kerja jika seorang guru TIK melayani 150 siswa.

Itu artinya, jika dalam satu sekolah sudah terdapat siswa berjumlah setidaknya 150 siswa, maka seorang guru TIK sudah di anggap memiliki jam kerja setara 24 jam per pekan. Begitupun jika sekolah memiliki jumlah siswa lebih dari 150 siswa, maka sekolah tersebut berhak menambah guru TIK sesuai dengan jumlah siswa berkelipatan 150.

Perlu di ingat jika jumlah jam kerja sama dengan 24 jam ini adalah jumlah jam kerja minimal bagi seorang guru sedangkan maksimalnya adalah 40 jam. Oleh karena itu, guru TIK masih memiliki hak penambahan jam kerja, dengan tugas tambahan lainnya seperti kepala/staf laboratorium, wali kelas, pembina ekstrakurikuler, dan yang lain sebagainya.

Sistem administrasi

Hal yang membedakan lainnya adalah sistem administrasi yang sedikit berbeda dengan guru mata pelajaran lain. Saya katakan sedikit berbeda, sebab sepintas pada dasarnya sama saja, akan tetapi terdapat beberapa tambahan administrasi. Misal, daftar hadir bimbingan, program kerja, dan rencana ajuan In House Training atau workshop untuk bimbingan sesama guru.

Demikian sepintas tentang bimbingan TIK, semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *