Agar lolos seleksi PPPK, Para Guru harus melakukan ini

Tahun 2020 yang lalu, BKN telah memutuskan untuk memberikan prioritas untuk seluruh guru di Indonesia dalam proses seleksi ASN tahun 2021. Hal ini ditandai dengan dibukanya satu juta formasi khusus untuk para Guru. Meskipun formasi yang diberikan adalah formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau dikenal juga dengan istilah P3K (PPPK). Nah berikut ini adalah cara agar lolos proses seleksi PPPK.

Sebagai wujud nyata bahwa pemerintah memberi prioritas pada guru, selain membuka satu juta formasi, pemerintah juga menyelenggarakan kegiatan pembekalan agar para guru siap menghadapi proses seleksi. Secara resmi program pembekalan ini telah dirilis melalui program guru pembelajar. Bagi para guru yang pernah mengikuti program guru pembelajar, mungkin sudah tidak asing dengan program ini.

Dari bulan Oktober tahun kemarin, kita sudah dianjurkan untuk mengikuti pelatihan pendidikan di masa pandemik misalnya. Kemudian diawal tahun 2021 juga kita sudah disuguhi program Seri Pendidikan Kompetensi Hidup, Seri Asesmen Kompetensi Minimum, dan Seri Pendidikan Inklusif. Sejak dirilis resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Program Guru Pembelajar ditambah satu menu baru yaitu Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. 

Dengan pelatihan ini, pemerintah mengharapkan banyak para guru yang lolos seleksi PPPK

Bagi yang belum familiar dengan program Guru Pembelajar, silahkan untuk masuk. Berikut adalah tampilan halaman awal guru pembelajar.

sumber : ayogurubelajar.kemdikbud.go.id

Syarat agar bisa mengakses halaman guru pembelajar, para guru harus terlebih dahulu memiliki akun simPKB. Jika belum punya, teman-teman pengajar bisa melakukan proses registrasi ke simPKB terlebih dahulu. Untuk proses lengkap bagaimana proses registrasi ke SIMPKB, silahkan menghubungi operator sekolah masing-masing. 

Penting untuk diketahui, bahwa setiap guru diberi kesempatan untuk mengikuti tes seleksi PPPK ini sebanyak 3 kali. Sehingga teman-teman guru sebaiknya berupaya semaksimal mungkin dalam mempersiapkan diri menjelang proses seleksi PPPK ini.

Syarat lain yang harus diperhatikan adalah setiap guru harus melakukan verval ijazah di laman infoGTK. Bagi yang merasa belum melakukan verval ijazah silahkan segera melakukan verval agar kita terjaring dalam proses pendataan calon peserta PPPK.

Demikian informasi ini semoga bermanfaat bagi para guru semua.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *