SEKILAS TENTANG LINUX

Untuk mengoperasikan sebuah komputer dengan baik dan ideal, memerlukan sebuah sistem operasi. Pemilihan sistem operasi bisa berdasarkan kenyamanan (user friendly), kehandalan, kompabilitas, harga dan yang lain sebagainya. Salah satu sistem operasi yang handal, ringan dan tentunya gratis adalah Sistem Operasi Linux. Berikut ini sekilas tentang Linux.

Tentang Linux

Linus Torvalds pada tahun 1991 mencetuskan sebuah ide tentang keberadaan Sistem Operasi yang gratis dan bebas digunakan. Sebagaimana kita ketahui, sebagian besar sistem operasi di kuasai oleh perusahaan-perusahaan komersil, seperti UNIX besutan AT&T. Linus Torvalds lantas membuat sebuah sistem operasi sederhana yang membebaskan penggunanya untuk menggunakan dan memodifikasi sesuai kebutuhan (Open Source).

Seiring waktu, Linux berkembang pesat dan menjadikannya sebagai salah satu sistem operasi yang berjalan di berbagai perangkat. Mulai dari penggunaan komputer pribadi (PC) hingga Super Computer milik NASA, perangkat PC hingga mobile kini menjalankan linux sebagai salah satu pilihan sistem operasi. Bahkan perangkat-perangkat seperti konsol game, DVD, televisi dan beberapa perangkat elektronik lain sudah menjalankan linux.

Baca juga : Mengenal Sistem Operasi

Begitupun dengan perkembangan varian dari linux yang berkembang pesat, sebagian diantaranya bermaksud untuk melirik pengguna dari sistem operasi berbayar. Oleh karena itu, bermunculan lah varian linux seperti ubuntu, mint, kali, elementary dan yang lainnya. Berbagai pilihan varian tersebut bertujuan agar pengguna yang baru berpindah dari OS lain bisa memilih varian yang lebih tepat berdasarkan kenyamanan, kehandalan dan performa nya.

Linux dari Indonesia

Para pengembang software di Indonesia pun turut melakukan pengembangan varian Linux. Yang tentu saja hal ini bertujuan agar tercipta sebuah Sistem Operasi Linux yang khas dan nyaman bagi masyarakat Indonesia.

Tercatat sistem operasi linux hasil karya pengembang dari Indonesia adalah IGOS Nusantara yang berasal dari pengembangan oleh LIPI dan pengembang dari komunitas Open Source Indonesia. Adapula BlankOn yang juga adalah Linux yang bahkan berhasil menembus sebagai 100 linux terbaik di dunia. Sementara khusus bagi seorang Programmer, tersedia juga Tea Linux OS.

Itulah sekilas tentang Linux, sejarah dan perkembangnnya di Indonesia. Semoga penggunaan linux semakin luas dan tentunya dengan menggunakan linux, kita akan merasakan penggunaan sistem operasi yang gratis, handal, dengan performa yang maksimal. Semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *