[Download] Surat Edaran Penyederhanaan RPP

Tahun 2019, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengesahkan surat edaran terkait penyederhanaan RPP. Sebagaimana yang kita ketahui, RPP biasanya tersusun terdiri dari beberapa lembar, sehingga satu perangkat pembelajaran bisa sangat tebal. Bentuk RPP yang besar dan tebal ini akhirnya terkadang membuat para guru terkendala dan keberatan untuk mengerjakan tugas nya tersebut. Akhirnya dengan surat edaran no. 4 tahun 2019 ini, Nadiem Makarim memperingan tugas guru dengan menjadikan RPP menjadi 1 lembar saja.

Tanpa menghilangkan esensi dari RPP, meskipun satu lembar tetap memuat komponen-komponen penting. Dalam Permendikbud nomor tahun 2016 terdapat arahan bahwa sebuah RPP harus memuat setidaknya 13 komponen. Dalam penyederhanaan ini RPP yang tersusun dalam satu lembar yang memuat setidaknya tiga komponen penting, selebihnya 10 komponen yang lain dianggap sebagai pelengkap. Tiga komponen yang menjadi esensi dalam rpp satu lembar ini mewakili murid sebagai objek dari pendidikan.

Penyederhanaan RPP 1 Lembar

Dalam penyusunan RPP 1 lembar ini, setidaknya harus memuat 3 komponen yaitu,

Tujuan Pembelajaran.

Dalam rpp 1 lembar tujuan pembelajaran disusun dengan harapan bahwa setiap tujuan pembelajaran fokus terhadap kebutuhan peserta didik. Sehingga harapannya dengan penyederhanaan ini tujuan pembelajaran bisa lebih fokus terhadap penguasaan kompetensinya. Maka dalam beberapa model RPP seringkali kita menemukan model lain, seperti model kanvas misalnya. Model kanvas terlihat dari bagian di mana sebelum penyusunan RPP ada bagian yang menjabarkan tentang profil peserta didik sehingga penetapan tujuan pembelajaran bisa lebih ukur dan tepat sesuai dengan karakter profil peserta didik.

Proses Pembelajaran

begitupun dengan proses pembelajaran, yang merupakan penjelasan dari tujuan pembelajaran. sehingga dalam penyederhanaan ini harapannya para guru bisa membuat urutan-urutan proses pembelajaran yang lebih terarah terstruktur dan sesuai dengan target pada tujuan pembelajaran. sebagaimana yang kita ketahui bahwa proses pembelajaran ini sebagian di antaranya mengacu kepada pilihan sintaks rekomendasi para pakar pendidikan.

pemilihan sintaks proses pembelajaran sangatlah penting untuk menentukan dan meraih target yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. referensi sintaks…

Penilaian atau Assessment

Proses berikutnya agar mengetahui efektivitas dalam melakukan proses pembelajaran maka kita membutuhkan sebuah pengujian melalui penilaian atau assessmen.

[Download] : Surat Edaran Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Demikian informasi terkait penyederhanaan RPP semoga bermanfaat. Silahkan isi kolom komentar untuk kritik, saran dan masukan.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *