5 Website Quran Online Terbaik

Sebagai muslim, sebaiknya kita tidak melepaskan diri dari berinteraksi dengan al quran. Sebagai pedoman hidup dan pegangan syariat, Al Quran kini hadir secara digital sehingga memudahkan para penggunanya untuk mengakses kapan saja dan dimana saja. Berikut ini adalah 5 website Quran Online terbaik yang bisa kita manfaatkan untuk tilawah atau aktifitas lainnya dengan Al Quran.

Baca Juga : Membangun rasa percaya diri

5 Website Quran Online Terbaik

Quran Kemenag RI

Website penyedia Al Quran digital online pertama adalah website Al Quran terbitan kementerian Agama Republik Indonesia. Pemerintah melalui kementerian agama menghadirkan Al Quran versi digital yang sudah tentu terjamin kualitasnya. Setidaknya penggunaan font dan tata layout mushaf yang mendekati kebiasaan masyarakat di Indonesia pada umumnya. Serta tersertifikasi tim lajnah Al Quran yang membuan jaminan kualitas Al Quran versi kemenag ini terjaga.

Selain hadir melalui website, kemenag juga menghadirkan aplikasi quran di perangkat mobile. Aplikasi ini bisa kita download di playstore dan sementara baru tersedia di perangkat android. Selain mushaf, di versi aplikasi juga terdapat fitur kiblat, jadwal adzan dan informasi-informasi penting lain untuk menunjang aktifitas seorang muslim.

Litequran

Sesuai dengan namanya, LiteQuran mengusung tema yang ringan dan akses cepat. Tidak banyak menu atau tampilan tersedia, ketika kita mengakses link ini, kita langsung tertuju pada menu pilihan surat. Litequran terasa sangat cepat dan ringan, cocok bagi kamu yang butuh dengan segera untuk tilawah atau mengutip ayat-ayat pada Al Quran.

Quran.com

Salah satu penyedia quran digital lawas adalah website yang beralamat di quran.com ini. Website ini berasal dari luar negeri sehingga tampilan dan bahasa default website adalah bahasa Inggris, meski demikian kita bisa merubahnya ke bahasa Indonesia. Website quran.com hadir dengan tampilan dominasi hitam atau putih, cocok untuk penggunaan berdasarkan kondisi pencahayaan ruangan.

Selain mushaf untuk tilawah, quran.com juga menyediakan menu pembacaan oleh imam-imam ternama, menu tafsir, pilihan terjemah hingga menu refleksi ayat. Pilihan-pilihan ini didukung pula oleh beberapa website eksternal yang membuat quran.com memiliki fitur terasa paling lengkap.

Quran Explorer

Bagaimana jika kita menginginkan sebuah Quran digital yang ringan namun powerful dengan berbagai menu teknis untuk membantu program pembinaan quran seperti hafalan ? maka jawabannya adalah quran explorer. Website quran explorer menyediakan tampilan format quran yang ringan dengan menu standar yang mumpuni, seperti pilihan jumlah ayat, pembaca (reciter), font (script) dan terjemah. Serta ada fitur hafalan yang akan memudahkan bagi kita yang sedang dalam program menghafal Al Quran.

Quran Sindonews

Terakhir, kita kembali bertemu dengan quran digital buatan Indonesia, yaitu quran digital pada kanal berita sindonews. Menariknya quran digital satu ini merupakan salah satu fitur tambahan dari situs berita milik Hary Tanoesudibjo tersebut, sehingga selain tersedia mushaf juga ada beberapa fitur tambahan. Fitur-fitur tersebut mulai dari jadwal sholat, Hadist of The Day, Pilihan kolom berita dan informasi Islam, dan tentunya kolom-kolom berita lainnya.

Demikian 5 Website Quran Online Terbaik terbaik yang menjadikan interaksi kita dengan AL Quran menjadi semakin mudah dan dekat. Kita berharap dengan berbagai kehadiran Al Quran ini menjadikan keimanan kita senantiasa meningkat dan hidup dalam naungan keberkahan Al Quran. Semoga Bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *