[DOWNLOAD] Permendikbud guru tik

Untuk menjawab tantangan masa depan yang lebih kompleks, pemerintah menetapkan pemberlakuan kurikulum 2013. Sebagai standar pendidikan yang berjalan di Indonesia, kurikulum 2013 ini pun menempatkan secara khusus kompetensi keterampilan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya adalah dengan terbitnya permendikbud tentang peran dari Guru TIK.

Permendikbud Guru TIK

Pada awal-awal penerapan kurikulum 2013, guru mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sempat mengalami kebingungan. Hal ini disebabkan karena status mata pelajaran TIK yang dihapus dan digantikan oleh mata pelajaran Prakarya. Dua mata pelajaran yang memiliki karakteristik yang berbeda.

Kebingungan ini sebenarnya terjadi karena kurang-nya pemahaman akan peran guru TIK yang sebenarnya. Hal ini telah tercatat dalam peraturan menteri pendidikan no. 68 tahun 2014 yang kemudian di ubah kembali melalui menteri pendidikan no. 45 tahun 2015 tentang peran Guru TIK.

Ada beberapa hal yang mendasar dari pemfungsian guru TIK di setiap satuan pendidikan. Pertama, guru TIK tidak lagi mengajar klasikal di dalam kelas seperti peran guru TIK di kurikulum 2006. Pada kurikulum 2013, guru TIK akan menjalankan tugas sebagai guru bimbingan. Artinya secara mekanisme pelayanan dan pembelajaran guru TIK akan menyerupai layanan guru BK (Bimbingan Konseling).

Kedua, sasaran dari bimbingan guru TIK ini bukan lagi hanya murid saja, tetapi seluruh warga di satuan pendidikan tersebut. Maka peserta didik, Pengajar atau Guru, dan Tenaga Kependidikan lain berhak mendapat layanan bimbingan TIK dari Guru TIK ini.

Lebih jelasnya silahkan download salinan permendikbud no. 45 tahun 2015 di bawah ini.

[Link Download] : permendikbud no. 45 tahun 2015

Kemudian pada tahun 2018, pemerintah melalui menteri pendidikan dan kebudayaan menghadirkan kembali mata pelajaran keterampilan komputer melalui mata pelajaran Informatika. Melalui permendikbud no. 37 tahun 2018, secara resmi informatika hadir kembali sebagai mata pelajaran pilihan selain prakarya.

Baca juga : Permendikbud no. 37 tahun 2018 tentang KI KD Informatika

Meski demikian, permendikbud no, 45 tahun 2015 tentang peran guru TIK dengan program bimbingan TIK ini masih tetap berlaku. Mudah-mudahan sebagai Guru TIK kita berharap semoga ini adalah sebuah solusi bagi kesiapan generasi masa depan menghadapi perkembangan teknologi.

Demikian informasi tentang permendikbud no. 45 tahun 2015 tentang peran Guru TIK ini, semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *