Setiap mengakhiri aktifitas penggunaan komputer, kita selalu menghadapi pilihan dalam mematikan komputer, apakah shutdown, sleep, hibernate, dan Log Off. Tahukah kamu kalau hadirnya pilihan-oilihan tersebut sebenarnya bertujuan untuk memudahkan dan efisiensi daya. Beberapa fitur ini seringkali tidak begitu diperhatikan, padahal bisa meningkatkan efektifitas dalam setiap aktifitas kita dalam menggunakan komputer. Baik kali ini kita akan sama-sama mencari tahu perbedaan dari shutdown, sleep, hibernate, dan Log Off.

Perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, dan Log Off

1. Shutdown

Adalah istilah lain dari mematikan komputer. Ya sederhananya, shutdown ini adalah aktifitas yang dilakukan jika komputer sudah tidak lagi dipakai. Aktifitas shutdown akan memutus setiap aliran listrik yang ada, mematikan pekerjaan prosesor dan memori. Maka pastikan sebelum kita melakukan shutdown, pastikan setiap pekerjaan dan data-data kita sudah tersimpan kedalam perangkat penyimpanan, baik harddisk maupun flashdisk.

Karena shutdown ini menjadikan komputer dalam status mati atau tidak aktif, maka ketika menghidupkannya pun akan melakukan booting dari awal. booting dari awal ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama, karena sistem akan melakukan pembacaan (Scanning) seluruh komponen terlebih dahulu. Aktifitas shutdown cocok bagi kamu yang sudah menyelesaikan seluruh pekerjaan, dan komputer tidak akan dipakai dalam waktu yang lama.

2. Sleep

Pilihan lain selain shutdown adalah menu sleep. Sleep yang berarti tidur, adalah aktifitas untuk membuat komputer mati atau terputus, kecuali RAM. Oleh sebab itu, komputer masih tetap membutuhkan daya listrik setidaknya untuk memastikan RAM tetap bekerja. Maka pastikan jika komputer masih terhubung ke sumber daya listrik atau pastikan kapasitas baterai cukup sehingga tidak membuat komputer mati total.

Baca Juga : Pengertian Booting Beserta Fungsi & Macam2 Booting

Oh ya bagi yang belum tahu, dengan memastikan RAM tetap bekerja, maka kita tidak harus menutup jendela setiap aplikasi yang sedang kita gunakan. Karena nantinya, saat komputer kembali hidup, semua aplikasi dan pekerjaan akan kembali dan dalam kondisi terakhir seperti saat kita matikan. Hal ini pun memberikan keuntungan dengan proses booting yang menjadi lebih cepat. Jadi jangan khawatir meski layar dalam kondisi mati, pekerjaan kamu masih tetap aman ya.

3. Hibernate

Secara konsep sebenarnya hampir sama dengan sleep, yaitu menjadikan komputer mati dan terputus namun setiap pekerjaan dan data-data kita relatif masih tetap aman. Perbedaannya adalah, jika sleep mengharuskan RAM agar tetap bekerja, maka dalam kondisi hibernasi RAM ikut dalam kondisi mati. Sementar itu pekerjaan dan data-data kita akan dialihkan kedalam harddisk.

Mode hibernasi ini cocok bagi kamu yang akan meninggalkan komputer dalam waktu yang agak lama tapi tetap berencana akan melanjutkan kembali pekerjaan dan aktifitas dengan komputer. Sekedar beristirahat beberapa jam cocok untuk menggunakan mode ini, karena nanti ketika komputer kembali hidup proses booting akan lebih cepat (meskipun tidak secepat sleep).

4. Log Off

Nah untuk log off mungkin sebenarnya berbeda konsep dengan tiga pilihan sebelumnya. Log Off adalah aktifitas keluar dari akun yang sedang kita gunakan dalam komputer. Seperti yang kita ketahui, komputer memiliki kemampuan untuk menampung multi akun seperti guest, user, dan administrator. Setiap akun memiliki hak akses yang berbeda-beda. Nah log off ini adalah aktifitas untuk berhenti dan keluar dari akun-akun tersebut.

Dengan log off kita bisa berpindah akun (karena ada yang meminjam misalnya) tanpa harus khawatir dengan hilangnya pekerjaan dan data-data kita sebelumnya. Kebalikan dari Log Off adalah Log In atau aktifitas untuk masuk kedalam akun.

Nah karena Log Off ini tidak menjadikan komputer mati atau terputus daya, maka layar akan tetap menampilkan tampilan visualnya. Meskipun tampilan yang tampil pada layar adalah tampilan screen saver.

Demikian informasi seputar perbedaan shutdown, sleep, hibernate, dan log off. Silahkan sampaikan kritik, saran dan masukan di kolom komentar dibawah.

2 Comments

Mengenal Fungsi RAM – Kang Hadad
Maret 22, 2021

[…] Baca Juga : Perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, dan Log Off […]

Reply
Panduan Mengajar Informatika Kelas 7 – Kang Hadad
April 3, 2021

[…] Jenis-jenis cara mematikan komputer […]

Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.