Komputer adalah perangkat yang memiliki sistem terpadu, yang mampu mengolah data menjadi informasi. Data dan informasi disini bisa berupa teks, gambar, suara, video dan lain sebagainya. Sehingga, Semakin kompleks kebutuhan akan jenis informasi, maka akan semakin meningkat pula kebutuhan performa dari komputer yang kita gunakan.

Perangkat Keras Komputer, Berdasarkan tujuannya

Sebelum lebih jauh mempelajari tentang bagian-bagian perangkat keras komputer, baiknya kita fahami dulu kebutuhan komputer kita tergantung tujuan kita menggunakan komputer.

simak penjelasan berikut ini ya

Perangkat Keras Komputer berdasarkan fungsinya

Perangkat Keras Input

Adalah perangkat keras komputer yang bertugas untuk memasukan data kedalam komputer. Untuk mengawali aktifitas pengolahan data dan informasi, komputer membutuhkan sebuah perangkat yang berfungsi untuk memasukan berbagai data tersebut. Oleh karena itu, sebagian komponen pada komputer tersebut bersifat perangkat keras input.

Contoh perangkat keras input,

Jenis InputanPerangkat Keras
TeksKeyboard
SuaraMicrophone
GambarKamera, Scanner
Gerakan pada layarMouse, Joystick, Touchpad, Touchscreen
JaringanRJ-45, Modem, Wifi
Tabel Perangkat keras Input

Perangkat Keras Proses

Bagian yang vital pada komputer adalah perangkat keras yang mengatur proses atau pengolahan data. Jika di ibaratkan layaknya tubuh manusia, maka perangkat keras yang bertugas untuk melakukan pengolahan ini seperti sistem syaraf, yang bertugas untuk melakukan respon terhadap berbagai inputan yang dimasukan kedalam komputer.

Contoh perangkat keras proses,

Jenis ProsesPerangkat Keras
Keseluruhan proses Motherboard
Perhitungan data, perintah, kecepatan responProcessor
Proses pengolahan gambarVGA
Proses pengolahan suaraSound Card
Proses pengolahan jaringanNetwork Card, Wireless Card
Tabel Perangkat Keras Proses

Perangkat keras Output

Salah satu fungsi yang dibutuhkan dalam komputer adalah fungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data. Perangkat keras output adalah perangkat keras yang bertugas untuk menampilkan hasil dari pengolahan data yang dilakukan oleh perangkat keras proses. Perangkat keras output ini biasanya akan menjadi tolak ukur kualitas sebuah komputer karena perangkat keras output inilah yang paling terasa dampaknya oleh pengguna.

Contoh perangkat keras output,

Jenis OutputPerangkat Keras
Gambar, VideoLCD Screen, Proyektor
SuaraSpeaker, Headset
CetakPrinter
Tabel Perangkat Keras output

Perangkat Keras Penyimpanan

Berbagai data dan informasi yang diolah oleh komputer, secara otomatis akan tersimpan didalam memory. Penyimpanan ini akan bermanfaat untuk melakukan efisiensi pekerjaan, sehingga tidak harus selalu memasukan data (input) cukup memanggil kembali data-data yang sebelumnya sudah ada.

Ada dua jenis sistem penyimpanan yang dilakukan oleh komputer, yang pertama adalah penyimpanan sementara yang dilakukan oleh RAM (Random Access Memory). RAM bekerja untuk menyimpan berbagai pengolahan data yang pada saat itu dikerjakan (realtime), sehingga jika ukuran RAM yang dimiliki besar, maka banyak pekerjaan yang bisa dilakukan pada satu waktu tertentu. Begitupun sebaliknya, jika ukuran RAM yang kita miliki kecil, maka dalam satu waktu pekerjaan yang kita bisa kita lakukan pun menjadi terbatas.

Penyimpanan pada RAM sifatnya sementara, artinya jika komputer dimatikan maka semua data yang tersimpan akan ikut terhapus.

Yang Kedua adalah ROM atau Read Only Memory. Adalah memory yang bertugas untuk menyimpan data-data pabrikan dari komputer (default), seperti BIOS, atau sistem booting yang khas masing-masing pabrikan komputer. Sesuai namanya, memori ROM tidak bisa di edit dan tidak bisa dihapus, pengguna atau sistem hanya bisa melakukan aktifitas ‘baca saja’ pada file-file ini. ROM bersifat permanen, bahkan sekalipun komputer mengalami formatting data atau repair (pemulihan pabrik), ROM akan masih tetap ada.

Selain RAM dan ROM, adapula perangkat penyimpanan yang ditujukan untuk menyimpan data-data hasil olahan pengguna, atau hasil dari aktifitas pengguna. Perangkat ini bersifat permanen atau selama yang dibutuhkan oleh pengguna. Perangkat ini bersifat semi permanen, artinya pengguna memiliki hak akses penuh untuk write (membuat, mengubah, menghapus), dan read (menjalankan, membaca, menggunakan). Contoh dari perangkat ini adalah, Hardisk, Flasdisk, CD/DVD, Floopy Disk dan lain-lain.

Perangkat Keras Lainnya

Diluar dari ke-empat komponen komputer tersebut sebenarnya masih ada beberapa komponen lain yang menunjang kinerja komputer. Contohnya,

FungsiPerangkat Keras
PowerPower Supply Unit (PSU), AC/DC Adapter
Energi CadanganBaterai, Uninterruptible power supply (UPS)
Keamanan Daya ListrikStabillizer
Keamanan Tampilan LuarCasing
Tabel Perangka Keras lainnya

Demikian penjelasan sederhana terkait perangkat keras komputer. Artikel sebelumnya tentang komputer dan pemanfaatannya silahkan bisa di cek di SINI

3 Comments

Jenis-jenis Perangkat Lunak Pada Komputer – Kang Hadad
Maret 6, 2021

[…] hardware, software, dan brainware. Jika pertemuan sebelumnya kita sudah mengenal dengan beberapa hardware yang dibutuhkan dalam sebuah sistem komputer, kali ini kita akan berkenalan dengan software atau […]

Reply
Pengertian dan jenis-jenis Booting – Kang Hadad
Maret 27, 2021

[…] Baca Juga : Mengenal perangkat keras komputer […]

Reply
Panduan Mengajar Informatika Kelas 7 – Kang Hadad
April 2, 2021

[…] dengan KomputerPerangkat Keras KomputerPerangkat Lunak KomputerMengenal Fungsi RAM (Materi Tambahan)Sistem Operasi (Artikel Belum […]

Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.