Ketika kita membuka laptop atau smartphone yang tersambung ke internet, kemudian membuka browser, lantas apa yang kita temukan ? yups, itu adalah website. Browser akan mengarahkan kita untuk menuju situs-situs yang sesuai dengan kebutuhan. Kita akan bertemu dengan google.com, facebook.com, kompas.com, youtube.com dan beragam situs lainnya. Termasuk yang sedang kamu baca, ini adalah salah satu halaman dari website kanghadad.web.id. Kali ini kita akan bersama-sama mempelajari tentang pengertian website, fungsi dan jenis-jenisnya.

Baca juga : Pengertian Internet

Pengertian Website, dan Jenis-jenisnya

Pengertian Website

Website adalah sekumpulan halaman informasi atau pengolahan informasi dalam sebuah url atau domain. Website yang baik adalah website yang bisa dikunjungi atau bisa diakses oleh setiap orang yang membutuhkan, baik secara privat ataupun terbuka melalui mesin pencarian. Pembuatan website memiliki tujuan sebagai pusat informasi, setidaknya berdasarkan topik-topik tertentu. Informasi yang termuat pada website bisa bervariasi, mulai dari teks, gambar, video, suara sampai aplikasi-aplikasi interaktif.

Tim Berners-Lee adalah orang yang pertama kali membuat website di sekitar tahun 1980-an, yang kemudian online pada tahun 1991. Tujuan Tim Berners-Lee membuat website dengan alamat http://info.cern.ch/, adalah sebagai portal bagi para peneliti untuk melakukan pertukaran informasi dan data. Tahun 1993 website tersebut kemudian baru bisa diakses secara umum dan gratis oleh publik.

Unsur-Unsur Website

  1. Domain, adalah sebuah pengalamatan unik dan khas sebagai jalan untuk pengaksesan dan penelusuran sebuah website. Domain secara sederhana terbagi menjadi dua bagian, yaitu nama website, dan jenis domain. Contoh : nama domain, Facebook, jenis domain, .com, maka domain akan menjadi facebook.com. Penelusuran alamat domain di awali dengan penulisan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) / HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dan URL atau Uniform Resource Locator (www). Contoh : https://kanghadad.web.id, https://www.google.com.
  2. Hosting, adalah tempat untuk menyimpan berbagai data dan informasi yang nantinya akan bermanfaat untuk website. Pemilik website adalah satu-satunya orang yang bisa mengakses dan memberikan hak akses hosting pada orang lain. Kualitas sebuah hosting akan menentukan kualitas website baik dari sisi kecepatan maupun dari performa dan fitur-fitur yang tersedia.
  3. Konten, adalah berbagai bentuk informasi yang ada pada website. Pada umumnya, website memiliki dua jenis landasan konten yaitu halaman atau page, dan catatan atau post. Di kedua landasan tersebut kita bisa memasukan berbagai informasi baik yang berupa teks, gambar, video, suara atau aplikasi interaktif lainnya.
  4. Browser, adalah aplikasi yang berfungsi untuk memuat dan menjalankan website. Saat ini sudah banyak tersedia berbagai pilihan aplikasi browser yang bisa kita gunakan. Mulai dari yang sederhana dan ringan, sampai yang powerfull dan kompleks, semuanya dikembalikan sesuai kebutuhan. Contoh browser adalah, Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Safari, Opera, dan UC Browser.

Jenis-jenis Website

Secara umum tujuan dan fungsi dari pembuatan website itu sama yaitu sebagai media penyampai informasi. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, jenis informasi yang tampil di berbagai website pun menjadi beragam. Pada bagian ini, kita akan melihat beberapa jenis-jenis website dikategorikan berdasarkan jenis dan bentuk informasi yang dihadirkan.

Blog

Blog adalah jenis website yang memuat dan menyajikan informasi berupa artikel atau catatan. Jenis informasi bisa berasal dari opini pribadi pemilik blog atau kumpulan karya tulis milik orang lain yang menjadi kontributor pada blog tersebut. Begitupun dengan informasi yang tampil, setiap blog bisa menentukan topik apa yang secara spesifik menjadi bahasan utama dalam blog tersebut, atau pemilik blog bisa menulis informasi apa saja yang bersifat bebas. Contoh blog adalah, kompasiana.com, radityadika.com, gurusiana.com, dan terbitkanbukugratis.com

Forum

Forum adalah jenis website yang memungkinkan setiap penggunanya untuk berinteraksi dan berdiskusi tentang hal-hal tertentu. Jenis website satu ini terlihat dari struktur kontennya yang di dominasi oleh tampilan komentar dan tanggapan terhadap suatu postingan informasi atau pertanyaan. Contoh situs forum adalah, kaskus.co.id, dan stackoverflow.com

Kanal Berita

Media informasi kini beralih ke dunia digital, maka website dengan jenis kanal berita pun semakin berkembang dan bersaing dalam jaringan dunia maya. Kanal-kanal berita nasional seperti kompas.com, tempo.co, republika.com semakin melebarkan sayapnya dalam pemberitaan berbasis website. Persaingan pun menjadi semakin meluas dengan hadirnya situs-situs pemberitaan internasional seperti, cnnindonesia.com, cnbcindonesia.com dan website berita yang lainnya.

Komunitas

Website pun hadir sebagian diantaranya sebagai wadah komunitas untuk saling berbagi dan berkomunikasi. Sistem keanggotaan (membership) adalah ciri khas yang tampil pada website jenis ini, baik melalui pendaftaran atau cukup dengan kesamaan golongan.

Media Sosial

Jenis website yang berikutnya adalah media sosial, dimana pada jenis website yang satu ini bisa terlihat dari bentuknya yang menampilkan banyak post dalam satu laman website. Post-post tersebut dibatasi oleh aturan, dan setiappengguna bisa memberikan komentar dan penilaian. Serta setiap pengguna pun bisa berkirim pesan atau berkomunikasi baik secara privat maupun secara terbuka (streamer atau group). Contoh media sosial, twitter.com, facebook.com, instagram.com.

Personal Website

Jenis yang satu ini dilihat dari tujuan pemiliknya untuk menampilkan informasi-informasi sesuai keinginannya secara pribadi. Tujuannya bisa sekedar untuk menulis opini, diary, ataupun membuat riwayat hidup dan personal branding. Semakin canggih dan berkembangnya teknologi tidak jarang para pencari pekerjaan memanfaatkan website untuk memperlihatkan riwayat hidup dan portofolio-nya.

Company Profile

Sebaliknya, manfaat website bagi perusahaan adalah untuk menampilkan berbagai informasi dan layanan yang mereka miliki. Informasi dan layanan ini penting sebagai salah satu bentuk kredibilitas dan kualitas perusahaan tersebut. Sehingga harapannya pemanfaatan website ini akan meningkatkan keuntungan perusahaan secara signifikan.

Demikian artikel tentang pengertian website dan jenis-jenisnya, semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan kritik, saran dan masukan di kolom komentar di bawah.

2 Comments

Tips SEO : Teknik Backlink – Kang Hadad
April 9, 2021

[…] Baca Juga : Mengenal Website […]

Reply
Pengertian dan manfaat SEO bagi website – Kang Hadad
April 13, 2021

[…] Baca Juga : Pengertian website […]

Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.