Jika kita sudah membuat website, maka langkah selanjutnya adalah memastikan jika website kita bisa terakses di mesin pencarian. Agar orang lain bisa membaca berbagai informasi yang kita posting maka website harus muncul di situs pencarian. Nah masalahnya adalah ada di urutan berapakah website kita dalam satu pencarian tersebut ? Bagaimana caranya agar website kita muncul di urutan teratas dalam satu pencarian tersebut ? Kali ini kita akan mengenal pengertian dan manfaat SEO bagi website.

Baca Juga : Pengertian website

Pengertian dan Manfaat SEO

Kepanjangan SEO adalah Search Engine Optimazation, yaitu kumpulan teknik-teknik agar website kita berada di urutan teratas di mesin pencarian. Tujuannya agar semakin banyak orang atau pengguna internet atau khususnya yang sedang menggunakan mesin pencarian (browsing) memperoleh manfaat dari informasi yang kita sediakan di website. Begitupun bagi kita, dengan tampilnya website di urutan teratas mesin pencarian, maka akan banyak juga manfaat yang bisa kita peroleh.

Dengan mengetahui besarnya berbagai manfaat dari SEO ini, maka tidak sedikit para blogger atau developer website yang berlomba-lomba dalam menggunakan teknik SEO ini. Setidaknya berikut manfaat dari penggunaan teknik-teknik SEO pada website,

Meningkatkan traffik pengunjung

Traffik adalah jumlah pengunjung yang mendatangi website kita dalam satu satuan waktu tertentu. Misalkan berapa orang yang berkunjung ke website kita dalam 1 jam. Semakin banyak yang mengunjungi website kita, itu artinya banyak yang merasakan manfaat dari informasi yang kita sajikan. Oleh karena itu, wajib bagi seorang blogger atau admin web untuk terus mengupdate dan memperbanyak informasi bermanfaat pada website yang kita kelola.

Menjangkau banyak pengunjung

Jika kamu share informasi yang terdapat di media sosial, mungkin yang akan membacanya hanya orang-orang yang berteman saja dan itu pun tidak semua butuh dengan informasinya. Nah, untuk menjangkau orang-orang di luar yang kebih membutuhkan kita bisa memaksimalkan SEO. Jadi, informasi yang kita miliki akan tampil pada orang-orang yang mencari dan benar-benar membutuhkan.

Oleh karena itu, penting bagi sebuah website untuk mengoptimasi keyword yang akan menjadi topik informasi pada websitenya. Fungsi dari keyword ini adalah untuk menentukan target pembaca dan yang diharapkan berkunjung ke website kita. Selain dari itu, dengan keyword kreasi dan karya yang kita buat akan lebih fokus.

Indikator kualitas

SEO menghadirkan banyak tools yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kualitas website. Misalnya, kita bisa membandingkan website yang kita miliki dengan website orang lain yang serupa (kompetitor) dengan tujuan agar informasinya lebih bervariatif dan saling menyempurnakan.

SEO akan mengukur efektifitas tampilan, penggunaan kata yang wajar, penempatan link, gambar dan judul yang tepat, sehingga informasi yang kita buat akan terasa lebih manusiawi (human friendly). Selain itu, teknik-teknik SEO juga mengikuti dari sistem algoritma mesin pencarian yang kompleks, sehingga secara pembacaan mesin website kita akan lebih unggul dalam informasi serupa.

Personal Branding

Setelah banyak yang mengenal dan mengunjungi website kita, maka secara otomatis akan muncul penilaian terhadap kita, baik pada website maupun secara personal. Bagaimana kita menyajikan informasi, tata bahasa yang digunakan, cara membalas komentar, penggunaan warna dan sebagainya akan menjadi cerminan dari diri kita. Ketika kita semakin baik, maka kita pun akan memperoleh manfaat yang besar dari sekitar.

Apalagi jika kita menggunakan satu keyword yang spesifik dan banyak memberikan informasi berkualitas tentang hal tersebut, maka akan dianggap sebagai pakar pada bidang tersebut. Menjadi pakar akan meningkatkan tingkat kepercayaan orang lain pada diri kita. Selanjutnya, seiring dengan tingkat kepercayaan yang semakin membesar kita bisa memberikan nilai manfaat menjadi lebih luas. Nilai manfaat tersebut bisa melalui menulis buku, menjadi narasumber atau pengajar.

Monetize

Tidak sedikit yang membuat website dengan tujuan bisnis atau untuk menjadi sumber penghasil uang. Nah, monetize adalah konsep menghasilkan uang melalui salah satu media digital. Misalnya, kita bisa menghasilkan uang dengan cara menampilkan iklan pada website kita. Setiap iklan yang tampil kemudian di klik oleh pengunjung, maka kita bisa akan diberi komisi berupa uang oleh penyedia iklan. Penyedia iklan terbesar dan paling populer adalah Google Adsense.

Atau website yang memang bertujuan untuk bisnis. Dengan teknik SEO yang maksimal kita bisa melakukan penjualan yang masif dengan harapan memperoleh keuntungan yang besar. Tentunya untuk website-website jenis ini selain teknik SEO juga dibutuhkan teknik penjualan yang tepat.

Jenis-jenis teknik SEO

Ada dua jenis teknik SEO yang harus kita lakukan agar website kita optimal, yaitu Teknik On-Page dan Teknik Off-Page. Keduanya sangat penting untuk menunjang optimasi website kita di mesin pencarian seperti google. Penjelasan detilnya akan di tulis di artikel yang berbeda.

Demikian penjelasan tentang pengertian dan manfaat SEO. Semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan pertanyaan, kritik dan masukan di kolom komentar.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.