Pengertian Prosessor dan cara kerjanya

Mengukur performa sebuah komputer, secara sederhana bisa kita lihat dari prosessor yang terpasang. Ada prosessor yang bagus untuk pekerjaan harian, ada yang baik buat editing, ada juga yang khusus untuk bermain game. Kali ini kita akan mempelajari lebih jauh tentang pengertian prosessor kemudian mempelejari juga fungsi dan cara kerjanya.

Pengertian Prosessor

Prosessor adalah penyebutan yang lebih singkat dari istilah CPU atau Central Processing Unit, yaitu sebuah sebuah perangkat komputer yang berfungsi sebagai kontrol bagi sistem komputer dan pusat untuk menjalankan instruksi. Secara sederhana prosessor adalah otaknya komputer.

Prosessor merupakan perangkat yang berupa IC (Integrated Circuit) yang kemudian akan bekerja dan mengolah instruksi oleh tiga jenis komponen. Komponen-komponen tersebut yaitu ALU (Arithmetic Logical Unit), Control Unit dan Memory Unit. Masing-masing komponen ini akan bekerja dan menghasilkan sebuah performa komputer yang maksimal.

Saat ini prosessor yang banyak tersedia di pasaran adalah besutan dari intel dan AMD, khususnya untuk perangkat komputer seperti PC (Personal Computer) atau laptop. Sedangkan untuk perangkat mobile seperti smartphone, kita bisa menemukan berbagai produk yang berasal dari qualcomm dan Mediatek.

Cara Kerja Prosessor

Prosessor adalah inti dari komputer yang tentu saja akan menentukan kualitas dari kinerjanya. Bayangkan saat kita menggunakan komputer untuk melaukan pengolahan data. Hal yang pertama kali kita lakukan adalah memasukan data melalui perangkat input. Berikutnya inilah yang terjadi pada prosessor,

  1. Komponen ALU mulai bekerja melakukan perhitungan matematis. Perhitungan yang dimaksud adaah penambahan, pengurangan, perkalian serta pembagian, dengan format angka floating point. Format angka tersebut memungkinkan sebuah prosessor untuk melakukan perhitungan kompleks dengan angka yang besar.
  2. Selanjutnya data akan berpindah dari satu lokasi memori ke lokasi memori lainnya.
  3. Terakhir, prosessor akan membuat sebuah keputusan dan memungkinkan untuk berpindah ke instruksi selanjutnya.

Sederhananya, prosessor akan bekerja sesuai dari perintah yang kita masukan, dan memberikan hasil dari pengolahan perintah tersebut untuk ditampilkan melalui perangkat output. Perlu diperhatikan juga bahwa kinerja prosessor akan menjadi jauh lebih maksimal berkat dukungan komponen-komponen lain seperti RAM, Hardisk, VGA dan yang lain sebagainya.

Baca juga : Jenis-jenis Hardware

Demikian pengertian prosessor dan cara kerjanya, semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *