Apakah kamu pernah main game ? atau buka facebook dan buat status di sana ? nah itu adalah contoh hasil dari Pemrograman. Dengan pemrograman kita bisa menghasilkan berbagai karya yang bermanfaat. Berikut ini adalah pengertian pemrograman dan penjelasannya.

Pengertian Pemrograman

Sebelum kita mengenal pemrograman, sejenak mari kita bayangkan sebuah game balap mobil terlebih dahulu. Bayangkan kita memiliki sebuah mobil dalam sebuah balapan. Untuk memenangkan balapan ini kita harus mengendalikan mobil dalam jalur yang sudah tersedia. Perhatikan bagaimana cara kita membelokan mobil ke kiri dan ke kanan, cara gas dan rem, dimana start dan finish.

Pemrograman adalah proses menerjemahkan logika berpikir menjadi langkah-langkah atau proses yang dapat dijalankan oleh komputer. Jadi tugas pemrograman adalah merubah bayangan kita tentang game balap mobil tadi menjadi sebuah program yang bisa berjalan di komputer. Tentu saja dengan teknik-teknik tertentu yang bisa di mengerti oleh komputer.

Pengertian lain dari pemrograman yang lebih teknis adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Melakukan pemrograman itu sama artinya dengan kita menyuruh komputer bekerja. Untuk menyuruh atau menyampaikan perintah pada komputer kita harus menggunakan ‘bahasa’ yang di pahami oleh komputer.

contoh baris kode

Perintah-perintah yang di pahami oleh komputer dalam pengertian di atas disebut dengan kode. Struktur kode tersebut menggunakan bahasa khusus yang di pahami oleh komputer di sebut dengan Bahasa Pemrograman. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang dapat kita gunakan dalam pemrograman seperti bahasa C, C++, Java, Pyhton, Visual basic, php, ruby, kotlin, pascal dan yang lainnya.

Sementara untuk merancang dan menyusun kode-kode tersebut hingga menjadi sebuah program, kita membutuhkan sebuah aplikasi khusus. Aplikasi khusus ini adalah aplikasi perangkat lunak pemrograman (Programming Software) atau compiler. Fungsi dari compiler ini adalah mengubah bahasa pemrograman menjadi bahasa mesin yang bisa berjalan di komputer. Istilah untuk proses menerjemahkan tersebut adalah compiling. Sementara orang yang menyusun, merancang kode hingga menghasilkan sebuah program di sebut dengan programmer.

Demikian materi tentang pengertian pemrograman, semoga bermanfaat.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.