Tahun ini pemerintah membuka formasi PPPK sebanyak 1 juta untuk guru-guru honorer di seluruh Indonesia. Formasi PPPK atau Pegawai dengan Perjanjian Kerja merupakan alternatif lain bagi guru yang berminat menjadi ASN pada tahun ini. Nah bagi teman-teman guru yang akan mengikuti program PPPK, PPG, dan berbagai program peningkatan kompetensi lainnya, maka wajib untuk memiliki dan mengakses akun sim PKB. Begini cara melakukan pendaftaran SIMPKB.

Langkah-langkah Pendaftaran SIM PKB

1. Periksa No. UKG

a. Silahkan masuk ke link https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk

b. Silahkan isi di kolom yang tersedia, nama lengkap, propinsi dan kota/kabupaten. (Harap perhatikan bahwa data kita harus sudah terinput di dapodik)

c. klik tombol cari GTK, dan nanti akan muncul data yang kita miliki mulai dari Data GTK (yang memuat no. UKG), Satminkal (yang memuat data sekolah induk), dan Status.

2. Registrasi SIM PKB

a. Jika sudah menemukan no. UKG silahkan klik link registrasi akun.

b. Silahkan isikan kolom nomor UKG dari hasil pencarian sebelumnya dan tanda lahir, jangan lupa untuk men-check list box captcha yang tersedia.

`

c. Setelah silahkan lanjutkan dengan klik setuju dan cetak untuk melakukan pencetakan surat rahasia yang mengandung email dan password untuk akses sim PKB

d. Setelah itu kita secara resmi bisa mengakses laman simPKB.

3. Approval admin komunitas / MGMP Mata Pelajaran

a. Pada awal masuk laman sim PKB kita akan dihadapkan pada pilihan mata pelajaran dan satminkal untuk memaksimalkan program pelatihan yang akan diikuti.

b. Setelah itu, kita akan melakukan pencetakan kembali surat permohonan approval.

Manfaat Pendaftaran SIM PKB

Setelah melakukan pendaftaran berbagai pilihan program pelatihan sudah tersedia. Kita tinggal memilih program yang relevan dan yang kita butuhkan untuk melakukan peningkatan kompetensi kita sebagai seorang pengajar. beberapa program yang tersedia seperti Guru Belajar, Guru Berbagi, dan Guru Penggerak.

Jangan lewatkan juga program-program yang sifatnya bantuan pengembangan diri kita melalui program PPG, atau bantuan pendidikan studi lanjut bagi guru, dan juga program Penyiapan diri menghadapi PPPK. Selain itu, segala kegiatan yang terselenggara di MGMP pun akan tercatat dan terakui di sini.

Demikian informasi cara pendaftaran sim PKB, semoga bermanfaat.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.