Hidup di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 mengharuskan kita sebagai masyarakat memiliki keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informas. Hal ini karena tuntutan komunikasi, interaksi dan bahkan kolaborasi aktifitas telah menggunakan sentuhan IT dalam segala bidang. Salah satu media penyedia berbagai layanan tersebut adalah google. Berikut ini adalah cara pembuatan akun google.

Cara Membuat akun Google

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara pembuatan akun google, kita harus memahami terlebih dahulu bahwa akun google yang akan kita buat harus terjamin keamanannya. Kenapa demikian? karena, akun google yang kita miliki, nantinya akan menjadi kunci akses ke berbagai layanan lain, baik fasilitas google maupun aplikasi lain selain dari milik google. Oleh karena itu, agar terhindar dari hal-hal yang diinginkan maka kita akan membuat akun dengan se-aman mungkin.

Siapkan nomor handphone !

Hal pertama yang harus kita siapkan adalah nomor handphone. Hal ini kita gunakan selain untuk pemulihan jika kita lupa password, juga akan kita manfaatkan untuk proses verifikasi pada setiap login, khususnya jika perangkat yang kita gunakan adalah perangkat baru. Oh iya, sebaiknya siapkan nomor handphone yang kita gunakan pada perangkat android, agar kedepannya memudahkan ya.

Langkah-langkah pembuatan akun google

  • Buka link pembuatan akun google

Atau untuk memudahkan kita bisa cari terlebih dahulu link pembuatan akun google di kolom pencarian.

Kemudian pilih link yang sesuai,

Setelah link di atas kita klik, maka browser akan mengarahkan kita pada laman isian form.

  • Isi form pembuatan akun dan alamat email google

Perhatikan bahwa pengisian form sebisa mungkin harus sesuai dengan identitas yang kita miliki. Hal ini bertujuan agar google mengidentifikasi kita sebagai pengguna yang nyata, bukan spam atau robot.

Pilih username yang unik, jangan khawatir jika kita merasa kesulitan akibat banyaknya nama pengguna yang sama, mesin google akan menawarkan nama-nama username yang unik yang bisa kita gunakan. Kemudian setelah itu masukan password.

Baca Juga : Cara membuat password yang baik

Jika sudah selesai, kita klik tombol “Next”

  • Masukan nomor kontak dan email pemulihan

Seperti yang sudah disampaikan di awal, penting untuk kita memasukan nomor handphone dan email pemulihan. Hal ini bertujuan agar sistem keamanan berjalan dengan baik dan optimal sehingga mencegah dari upaya peretasan.

  • Setujui pernyataan nota kesepahaman

Beberapa penjelasan terkait teknis penggunaan dari kedua belah pihak (pengguna dan google) serta dampaknya di jelaskan melalui laman ini. Jika sudah dipahami silahkan klik tombol “i agree”

  • Setelah itu, kita akan berpindah ke laman dashboard akun google.

Tanda selesai pengerjaan pembuatan akun adalah dengan tampilnya laman dashboard akun google. Lebih lanjut kita akan bisa melakukan pengaturan dan konfigurasi terkait akun yang kita gunakan.

Demikian materi tentang tips dan langkah-langkah membuat akun google, semoga bermanfaat.

1 Comment

Sistem keamanan dua lapis – Gudang Materi Informatika SMP
Juni 13, 2021

[…] Baca juga : Cara pembuatan akun google […]

Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.