Catatan kali ini saya akan membuat sebuah panduan sederhana penggunaan materi yang ada pada website kanghadad ini. Susunan materi dalam catatan ini tidak baku dan kembali ke kebutuhan dan prioritas masing-masing sekolah. Catatan ini juga akan senantiasa di update seiring perkembangan catatan-catatan terbaru. Ini sebenarnya adalah catatan yang akan digunakan untuk kebutuhan pribadi berisi konten website dan panduan mengajar Informatika SMP, khususnya di SMP IT Baitul Ilmi. Bagi yang akan menggunakan dan memanfaatkannya di persilahkan.

Informatika adalah pelajaran baru yang hadir di kurikulum 2013 yang menjadi landasan kurikulum di seluruh satuan pendidikan di Indonesia. Di sisi lain mata pelajaran informatika adalah pengembangan dari mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berlaku pada kurikulum 2006 silam. Kehadiran informatika sebagai mata pelajaran yang hadir dalam pembelajaran di kelas menjadi sinyal bahwa bangsa kita siap menghadapi arus globalisasi digital dan berbagai dampaknya.

Konten Website dan Panduan Mengajar Informatika SMP

Jika membandingkan struktur materi TIK dengan informatika, akan terlihat perbedaan yang sangat besar, meskipun dalam satu ruang lingkup materi yang sama. Jika TIK lebih menekankan pada penggunaan komputer secara praktis, maka informatika akan mengajarkan pada peserta didik hidup secara produktif dan kreatif dengan komputer. Sehingga harapan dari hasil pembelajaran ini adalah peserta didik terampil menggunakan komputer sebagai alat untuk mencari solusi dan memecahkan masalah.

Setiap konten yang ada pada website ini mengacu pada ketentuan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 37 tahun 2018, memuat kompetensi-kompetensi yang menjadi target capaian peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Informatika. Dan secara khusus, kompetensi-kompetensi yang di pelajari di jenjang SMP.

Baca Juga : Download KI-KD Informatika jenjang SMP

Secara umum, materi informatika pada jenjang SMP terbagi menjadi seperti berikut,

Materi Informatika SMP Kelas 7

Di kelas 7, peserta didik akan mengenal tentang sistem komputer dasar, pengenalan teknik statistik dan chart melalui excel, Kolaborasi masyarakat digital dan Pemrograman Visual dengan blok.

Materi Informatika SMP Kelas 8

Sementara di kelas 8, materi Informatika terbagi atas materi jaringan internet, Pemrograman dan algoritma, dan dampak penggunan Komputer.

Materi Informatika SMP Kelas 9

Di tingkat paling akhir jenjang SMP, peserta didik akan mempelajari materi tentang sistem kerja komputer, pengenalan web dan browser, sistem keamanan data dan Kolaborasi kerja digital.

Panduan Mengajar Materi Informatika Lainnya

Selain dari materi-materi di atas, pada mata pelajaran Informatika juga terdapat materi-materi yang sifatnya tematis. Pelajaran tematis adalah pembelajaran terpadu yang melibatkan materi-materi dari mata pelajaran lain berdasarkan tema tertentu. Sehingga harapannya, mata pelajaran informatika bisa menjadi pendamping yang membantu peserta didik dalam menyelesaikan berbagai masalah di mata pelajaran lain.

Berikut adalah beberapa materi Tematik dalam Informatika,

Perangkat Pembelajaran Panduan Mengajar Informatika

Untuk menunjang materi-materi informatika, setiap pengajar membutuhkan perangkat pembelajaran. Berikut ini adalah beberaoa perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran informatika jenjang SMP,

Catatan Lain

Selain dari materi informatika, di website ini juga terdapat berbagai catatan lain. Diantaranya adalah,

(Artikel masih tahap penyempurnaan)

3 Comments

[DOWNLOAD] KI-KD Informatika Jenjang SMP – Kang Hadad
Maret 31, 2021

[…] Baca Juga : Panduan Materi Informatika […]

Reply
Abu Syamil
April 1, 2021

Materi Informatikanya cukup lengkap.makasih kang

Reply
    kanghadad
    April 1, 2021

    Alhamdulillah, terima kasih.. InsyaAllah ini masih dalam tahap penyempurnaan

    Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.