Berikut ini adalah panduan mengajar informatika kelas 7 berdasarkan KI KD dari permendikbud nomor 37 tahun 2018. Penjabaran KI dan kD melalui silabus, penyusunan program tahunan dan program semester di setiap tahunnya. Pada setiap tahunnya, jumlah pertemuan sekitar 16 pertemuan, mungkin bisa berkurang atau bertambah tapi tidak jauh dari jumlah tersebut.
Panduan Mengajar Informatika Kelas 7
Pembelajaran di kelas 7 terbagi menjadi dua semester yaitu semester ganjil dan semester genap. Ganjil di awali dari bulan juli sampai desember dan genap di awali dari Januari sampai Juli. Sementara itu materi-materi yang diajarkan pada tingkat kelas 7 ini terbagi menjadi beberapa kelompok kompetensi berdasarkan peraturan menteri pendidikan tentang KI KD.
Teknik Komputer
Kompetensi Dasar | Materi | Keterangan |
---|---|---|
3.1 Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi | Berkenalan dengan Komputer Perangkat Keras Komputer Perangkat Lunak Komputer Mengenal Fungsi RAM (Materi Tambahan) Sistem Operasi (Artikel Belum ada) | |
4.1.1 Mengamati saat sebuah piranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai | Jenis-jenis booting | Praktek dan Pengamatan |
4.1.2 Mematikan komputer dengan benar | Jenis-jenis cara mematikan komputer | Praktek dan pengamatan |
4.1.3 Menjelaskan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar berbagai piranti | Jenis-jenis User Interface | Praktek dan pengamatan |
Analisis Data
Kompetensi Dasar | Materi | Keterangan |
---|---|---|
3.2 Mengenal data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta mengaksesnya | (Belum ada artikel) | |
4.2 Membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus dan hasil pemakaian beberapa fungsi | (Belum ada artikel) | Praktek |
Algoritma dan Pemrograman
Kompetensi Dasar | Materi | Keterangan |
---|---|---|
3.3.1 Memahami program visual dari demo dan tutorial | Mengenal, Download dan Instal aplikasi Scratch Membuat akun Scratch Online (Video) Mengenal Pemrograman dan Algoritma (Artikel Belum ada) Mengenal lingkungan pemrograman visual (Artikel Belum ada) | |
3.3.2 Mengenal cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual yang dipakai | (Artikel Belum ada) | |
4.3.1 Meniru (menulis ulang) sebuah program sederhana di lingkungan visual, untuk berkenalan dengan lingkungan | (artikel belum ada) | Praktek |
Dampak Sosial Informatika
Kompetensi Dasar | Materi | Keterangan |
---|---|---|
3.4 Memahami makna kolaborasi dalam masyarakat digital | (Belum ada artikel) |
Berfikir Komputasional
Kompetensi Dasar | Materi | Keterangan |
---|---|---|
3.5 Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung struktur data lebih kompleks dan berpola | Berkenalan dengan Computational Thinking | |
4.5 Menyelesaikn persoalan-persoalan komputasi yang mengandung graf/jejaring, pola sederhana, dan algoritmik (terutama untuk robot/gerakan visual) |
Praktik Lintas Bidang (Tematis)
Kompetensi Dasar | Materi | Keterangan |
---|---|---|
4.6.1 Menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif | (Artikel Belum Ada) | |
4.6.2 Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing | (Artikel Belum Ada) | |
4.6.3 Mengenali dan mendefinisikan persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer | (Artikel Belum Ada) | |
4.6.4 Mengembangkan dan menggunakan abstraksi (model) | (Artikel Belum Ada) | |
4.6.5 Mengembangkan artefak komputasional (produk TIK): Siswa menulis rumus untuk menunjang komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain | (Artikel Belum Ada) | |
4.6.6 Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasional (artefak TIK) | (Artikel Belum Ada) | |
4.6.7 Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memperhatikan Hak Kekayaan intelektual | (Artikel Belum Ada) |
Berbagai materi diatas disempurnakan dengan berbagai modul latihan, praktek, tugas dan pengerjaan soal. Demikian panduan sederhana ini semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan kritik, saran dan masukan di kolom komentar.
1 Comment
Konten Website dan Panduan Mengajar Informatika SMP – Kang Hadad
April 2, 2021
[…] Panduan Mengajar Kelas 7 […]