Panduan Materi Informatika Kelas 9

Berikut ini adalah panduan materi informatika kelas 9 berdasarkan KI KD dari permendikbud nomor 37 tahun 2018. Penjabaran KI dan kD melalui silabus, penyusunan program tahunan dan program semester di setiap tahunnya. Pada setiap tahunnya, jumlah pertemuan sekitar 16 pertemuan, mungkin bisa berkurang atau bertambah tapi tidak jauh dari jumlah tersebut.

Panduan Materi Informatika Kelas 9

Pembelajaran di kelas 9 terbagi menjadi dua semester yaitu semester ganjil dan semester genap. Ganjil di awali dari bulan juli sampai desember dan genap di awali dari Januari sampai Juli. Sementara itu materi-materi yang diajarkan pada tingkat kelas 9 ini terbagi menjadi beberapa kelompok kompetensi berdasarkan peraturan menteri pendidikan tentang KI KD.

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kompetensi DasarMateriKeterangan
3.1. Mengenal fitur lanjut browser.Cara Kerja website
Macam-macam Browser
Cara Browsing dengan Google
3.2 Mengenal fitur aplikasi CMS (Content
Management System, pengelola
konten web, sedapat mungkin yang
berupa freeware), dan memakai
untuk membuat blog.
jenis-jenis website
SEO pada website
4.1 Membuat laporan tugas dengan paket
office (terpadu).
Membuat Formulir Online
4.2 Membuat blog untuk menunjang
aktivitas siswa, contohnya membuat
logbook kegiatan terkait sekolah.

Teknik Komputer

Kompetensi DasarMateriKeterangan
3.3 Memahami fungsi sistem komputer (hardware dan OS) yang memungkinkannya untuk menerima input, menyimpan, memroses dan mengoutputkan data sesuai dengan spesifikasinya.Cara Kerja Prosessor
Fungsi RAM
4.3.1 Menjelaskan mekanisme di sistem komputer
4.3.2 Menjelaskan bagaimana data disimpan dan diproses (unit
pengolahan logika dan aritmatika).

Analisis Data

Kompetensi DasarMateriKeterangan
3.4 Memahami bahwa setiap aplikasi menyimpan data sesuai
representasinya (word-doc, exceltabel, ppt- slides).
4.4 Mengolah data dengan pengolah
angka untuk menghilangkan error,
menyatakan hubungan, atau
memudahkan untuk diproses
komputer.
3.5.1 Memahami pengolahan data menggunakan fitur lanjut aplikasi
office.
3.5.2 Mengenal model komputasi umum.
4.5 Merancang algoritma untjuk mengotomasi pengumpulan data dan
pengolahan data.

Algoritma dan Pemrograman

Kompetensi DasarMateri Keterangan
3.6 Memahami bahwa sebuah program dapat didekomposisi menjadi subprogram.
4.6 Mengimplementasi sebuah program yang memakai atau mengandung sub-program (prosedur, fungsi).
3.7 Memahami persoalan komputasi dan mengusulkan solusinya.
4.7.1 Merancang solusi untuk suatu persoalan dengan mempertimbangkan beberapa keinginan, dan mengetes program
untuk memenuhi kepentingan.
4.7.1 Jika dimungkinkan, membuat “robot” yang mampu mengerjakan
tugas sederhana dari kit yang disediakan. Catatan : “robot”
berupa sistem komputer atau hanya perangkat lunak baik visual
ataupun tak ketinggalan.

Dampak Sosial Informatika

Kompetensi DasarMateri Keterangan
3.8 Memahami untung/rugi serta dampak positif/negatif membiarkan
informasi menjadi publik, atau private.
Profiling Media Sosial
4.8 Memilah informasi.
3.9 Memahami dampak jika data dibiarkan dapat diakses publik.Mengenal Kewargaan Digital
4.9 Mempublikasi informasi publik yang patut.

Computational Thinking

Kompetensi DasarMateri Keterangan
3.10 Computational Thinking untuk persoalan komputasi dan otomasi
yang lebih kompleks dari sebelumnya
4.10 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi dan otomasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih kompleks.

Praktik Lintas Bidang (Tematis)

Kompetensi DasarMateriKeterangan
3.11 Cross-Cut Component, Capstone
(Integrasi pengetahuan dan
keterampilan), Praktek
(Artikel Belum Ada)
4.11.1 Fostering computing culture menumbuhkan budaya
komputasi lewat berpikir komputasional.
(Artikel Belum Ada)
4.11.2 Kolaborasi lewat tematik.(Artikel Belum Ada)
4.11.3 Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problemaproblema lebih kompleks dari sebelumnya yang dapat diselesaikan dengan model
komputasi.
(Artikel Belum Ada)
4.11.4 Developing and using abstractions (mengembangkan dan
menggunakan abstraksi
(Artikel Belum Ada)
4.11.5 Creating computational artefacts: Mengembangkan atau
bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model
komputasi misalnya program komputer.
(Artikel Belum Ada)
4.11.6Testing and refining computational artefacts : menguji dan
memperbaiki/menyempurnakan artefak/produk TIK atau model
komputasi.
(Artikel Belum Ada)
4.11.7 Communicating about computing (mengkomunikasikan
informatika) lewat pengungkapan secara lisan maupun tulisan
tentang produk TIK yang dihasilkan.

Berbagai materi diatas disempurnakan dengan berbagai modul latihan, praktek, tugas dan pengerjaan soal. Demikian panduan materi informatika kelas 9 yang sederhana ini semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan kritik, saran dan masukan di kolom komentar.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *