Panduan Materi Informatika Kelas 8

Berikut ini adalah panduan mengajar informatika kelas 8 berdasarkan KI KD dari permendikbud nomor 37 tahun 2018. Penjabaran KI dan kD melalui silabus, penyusunan program tahunan dan program semester di setiap tahunnya. Pada setiap tahunnya, jumlah pertemuan sekitar 16 pertemuan, mungkin bisa berkurang atau bertambah tapi tidak jauh dari jumlah tersebut.

Panduan Mengajar Informatika Kelas 8

Pembelajaran di kelas 8 terbagi menjadi dua semester yaitu semester ganjil dan semester genap. Ganjil di awali dari bulan juli sampai desember dan genap di awali dari Januari sampai Juli. Sementara itu materi-materi yang diajarkan pada tingkat kelas 8 ini terbagi menjadi beberapa kelompok kompetensi berdasarkan peraturan menteri pendidikan tentang KI KD.

Jaringan Komputer/Internet

Kompetensi DasarMateriKeterangan
3.1.1 Mengenal internet dan jaringan lokal, serta komunikasi via data HP (Teknologi Informasi) Pengertian internet
Data dan kecepatan internet
3.1.2 Mengenal konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband)Jaringan kabel dan nirkabel
3.1.3 Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi akses terhadap yang tak berhak Tips Membuat Password
Sistem Keamanan Dua Lapis
Profiling Media Sosial
Social Engineering
4.1.3 Melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet

Algoritma dan Pemrograman

Kompetensi DasarMateriKeterangan
3.2 Memahami bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi
4.2.1 Membuat robot yang mampu menggambar atau menulis dengan program sederhana
4.2.2 Mendefinisikan variabel, menyimpan data dan mengubahnya
4.2.3 Memakai instruksi kondisional

Dampak Sosial Informatika

Kompetensi DasarMateriKeterangan
3.3.1 Mengenal lebih dalam perkembangan komputer dan teknologi yang mengubah kehidupan sehari-harisejarah TIK
3.3.2 Mengenal media sosial dan dampaknyaUU ITE
Tips Medsos

Berfikir Komputasional

Kompetensi DasarMateri Keterangan
3.4 Computational Thinking untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnyaBerkenalan dengan Computational Thinking
4.4 Menyelesaikn persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik

Praktik Lintas Bidang (Tematis)

Kompetensi DasarMateriKeterangan
4.5.1 Menumbuhkan budaya informatika dan TIK lewat berfikir komputasional (Fostering computing culture)(Artikel Belum Ada)
4.5.2 Kolaborasi lewat tematik(Artikel Belum Ada)
4.5.3 Recognizing and defining computational problems (Mengenali dan mendefinisikan problema-problema yang dapat diselesaikan dengan model komputasi(Artikel Belum Ada)
4.5.4 Developing and using abstractions (Mengembangkan dan menggunakan abstraksi)(Artikel Belum Ada)
4.5.5 Creating computational artefacts : Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer(Artikel Belum Ada)
4.5.6 Testing and refining computational artefacs : Menguji dan memperbaiki/menyempurnakan artefak/produk TIK atau model komputasi.(Artikel Belum Ada)
4.5.7 Communicating about computing : Mengkomunikasikan tentang informatika lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berfikir komputasional dan penggunaan TIK(Artikel Belum Ada)

Berbagai materi diatas disempurnakan dengan berbagai modul latihan, praktek, tugas dan pengerjaan soal. Demikian panduan sederhana ini semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan kritik, saran dan masukan di kolom komentar.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *