Mengenal Kewargaan Digital

Dunia digital hadir dengan berbagai warna aktifitas dan interaksi sosial yang kompleks. Seiring berjalannya waktu dan interaksi antar sesama pengguna, maka hadir pula berbagai aturan dan norma. Kali ini kita akan mengenal lebih lanjut tentang kewargaan digital.

Kewargaan Digital sebagai karakter identitas di Dunia Maya

Di era saat ini, internet memiliki berbagai fungsi dan fitur yang memungkinkan penggunanya melakukan berbagai hal, baik secara individu maupun secara kelompok. Hubungan antar sesama manusia baik secara langsung maupun tidak langsung terjadi dalam kehidupan digital. Hubungan ini mesti di atur, sehingga hubungan hak dan kewajiban masing-masing pengguna internet berjalan seimbang dan tidak saling merugikan.

Baca Juga : Society 5.0

Melihat kompleksitas internet tersebut, maka kini pengguna internet harus mulai menyadari bahwa keberadaan dirinya secara digital adalah sebagai warga dalam sebuah lingkungan masyarakat dunia maya. Maka untuk mengidentifikasi karakter warga dalam lingkungan masyarakat digital tersebut dikenal lah konsep kewargaan digital.

Menurut situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, definisi dari kewargaan digital adalah norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab terkait dengan penggunaan teknologi informasi. Sehingga, warga digital memiliki kesadaran penuh atas berbagai tindakannya dalam pemanfaatan teknologi digital.

Baca Juga : Kewarganegaraan Digital : Definisi dan Fungsi

Aspek-aspek dalam kewargaan digital

Mengutip dari artikel pelatihan dasar google education, setidaknya ada beberapa aspek dalam hubungan kewargaan digital.

Hak Cipta

Setiap orang memiliki hak atas karya-karyanya. Oleh karena itu, sebagai warga digital, kita harus memahami batasan pemanfaatan karya-karya orang lain yang beredar. Begitupun karya-karya digital seperti video, fotografi, suara, software dan yang lain sebagainya memiliki batasan penggunaan tergantung distribusi dari pemiliknya.

Kewajaran Penggunaan

Masih terkait pemanfaatan karya dan fasilitas dalam dunia digital, setiap warga digital juga harapannya memanfaatkan hal itu semua dalam batas wajar. Oleh karena itu penting bagi kita memahami hak-hak  dalam penggunaan yang biasanya tertuang dalam sebuah lisensi atau EULA (End User License Agreement).

Keamanan Online

Setiap interaksi secara digital sebaiknya kita memastikan keamanan data dan informasi yang kita miliki. Jangan sampai aktivitas-aktivitas yang terjadi menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain. Hindari aktivitas melalui fasilitas atau layanan yang belum memiliki jaminan keamanan data atau layanan yang sifatnya mencurigakan.

Komunikasi

Interaksi antar sesama warga digital harus dalam batasan-batasan norma, sopan santun, dan adat istiadat yang berlaku. Hindari ujaran kebencian, informasi hoax, provokasi serta informasi-informasi lain yang menyebabkan misinformasi.

Demikian informasi seputar kewargaan digital, semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *