Mengenal Fungsi RAM

Komputer terdiri dari berbagai komponen, baik yang berjenis perangkat keras (Hardware) atau Perangkat Lunak (Software). Beberapa dari komponen tersebut ada yang berpengaruh secara langsung dengan performa komputer. Salah satu komponen yang berpengaruh terhadap kinerja komputer adalah RAM atau Random Access Memory. Kali ini kita akan mempelajari dan mengenal fungsi RAM, sehingga komputer yang kita gunakan bisa bekerja secara maksimal.

Pengertian RAM

RAM adalah media penyimpanan data sementara yang tersimpan secara acak dan tidak memperdulikan letak data pada memori. Hal ini mengacu pada kata ‘Random’ yang berarti acak, dengan demikian metode penyimpanan pada sebuah RAM tidak akan bisa ditelusuri letak penyimpanannya.

Hal berikutnya adalah sifat penyimpanan yang terjadi pada RAM ini hanya bersifat sementara. Hal ini berarti jika belum tersimpan di media penyimpanan magnetik maka data akan terhapus. Maka kita perlu memperhatikan setiap pekerjaan yang akan kita tinggalkan atau sebelum memutuskan daya komputer, pastikan pekerjaan kita sudah tersimpan.

Perangkat RAM bersifat Volatile yang artinya untuk melaksanakan tugasnya, perangkat RAM harus teraliri listrik. Berbeda dengan media penyimpanan yang lain seperti flashdisk, atau harddisk yang bisa bekerja tanpa aliran listrik. Makanya beberapa fitur terkini menghadirkan mode sleep untuk mematikan komputer. Hal ini menjadikan komputer mati tanpa memutus aliran listrik pada perangkat RAM, sehingga pekerjaan kita tetap tersimpan aman.

Baca Juga : Perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, dan Log Off

Random Access Memory (pixabay)

Mengenal Fungsi RAM

Untuk memahami lebih lanjut tentang fungsi dari RAM ini, kita bisa mengilustrasikan kinerja dari sebuah komputer. Komputer bekerja dengan memasukan berbagai data dari perangkat input, dan tersimpan di satu titik (kita sebut dengan pos). Kemudian menuju prosessor untuk melakukan aktifitas pemrosesan dan perhitungan data dan tersimpan kembali dalam pos yang lain. Begitupun dalam proses penarikan dan pemrosesan data dari harddisk, prosessor kembali menyimpannya dalam pos-pos yang berbeda. Maka semakin besar kapasitas pos-pos tersebut maka akan semakin banyak pekerjaan yang bida dilakukan oleh prosessor atau komputer.

Dengan demikian, sederhananya fungsi dari RAM ini adalah untuk mempercepat dan menambah daya kerja bagi komputer. Makanya semakin besar kapasitas RAM, maka komputer akan bekerja semakin kuat yang dapat terlihat dari kemampuan membuka banyak aplikasi sekaligus.

Seiring dengan perkembangan perangkat lunak, perkembangan dan kebutuhan RAM semakin membesar pula. Contoh, dulu ketika windows XP, RAM hanya membutuhkan kapasitas 256 MB. Sementara sekarang untuk menjalankan windows 10, minimal membutuhkan 4 GB RAM. Belum software-software lain yang membutuhkan RAM dalam kapasitas tertentu.

Jenis-jenis RAM

Jenis-jenis RAM adalah Dynamic RAM,Static RAM, Sychrounous Dynamic RAM, Extended Data Out RAM, Non Volatile RAM, Rambus Dynamic RAM. Sementara yang banyak tersedia di pasaran adalah jenis Double Rate Random RAM (DDR RAM). Varian DDR RAM yang terakhir adalah DDR4, dan rencananya di akhir tahun 2021 ini akan rilis varian DDR5.

Demikian artikel terkait Mengenal Fungsi RAM, semoga bermanfaat. Sampaikan kritik, masukan dan pertanyaan di kolom komentar.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *