Kwartir Ranting Pacet mengundang setiap pangkalan untuk mengirimkan para anggotanya untuk mengikuti seleksi peserta Jambore Daerah. Setiap Kwartir Ranting berkesempatan untuk mengirimkan 4 perwakilan nya ke perhelatan 4 tahunan setingkat Provinsi ini, tentu mereka yang dipilih adalah yang memiliki keterampilan dan kecakapan yang sesuai.

Untuk menghadapi pelaksanaan Jambore Daerah ini dibutuhkan persiapan mulai dari pemilihan peserta perwakilan dengan metode seleksi, dan persiapan serta pemantapan dengan sistem Pemusatan Latihan (Training Center). Sehingga dari pelaksanaan Jambore yang hanya satu minggu, butuh persiapan setidaknya 3 bulan.

Jambore Daerah : Perkemahan Penggalang Se-Jawa Barat

Jambore adalah perkumpulan para anggota Penggalang, untuk melaksanakan kegiatan bersama-sama dengan konsep yang bermakna dan menyenangkan. Jambore dilaksanakan sesuai jenjang wilayah, mulai dari Jambore Ranting (Jamran) untuk Jambore setingkat kecamatan, Jambore cabang (Jamcab) untuk Jambore setingkat Kabupaten, Jambore Daerah (Jamda) untuk Jambore setingkat Provinsi, dan Jambore Nasional (Jamnas). Tahun 2005, Jambore Daerah ini dilaksanakan di Cikarang Bekasi.

Saya dan beberapa orang perwakilan, yang hampir semuanya adalah kakak kelas, mendapat tugas dari Pak Miftah untuk mengikuti proses seleksi itu. Dan setelah beberapa kali mengikuti proses seleksi, akhirnya saya dan satu orang dari anggota putri berhasil lolos dan disahkan sebagai peserta Jambore Daerah perwakilan kecamatan Pacet.

Sebenarnya saya agak-agak lupa, bagaimana detil proses seleksi dan pemusatan latihan pada saat itu, yang jelas momen-momen itu betul-betul berkesan. Bagaimana hampir beberapa hari sekali harus latihan khusus di Aula Kecamatan, pulang sore menjelang magrib yang kemudian disusul kebingungan cara untuk pulang karena angkot yang sudah tidak ada.

Menjelang pelaksanaan, ada salah seorang dari kecamatan kami yang mundur dikarenakan sakit, akhirnya pangkalan kami pun dipercaya untuk menambah perwakilannya, sehingga total ada 3 orang dari pangkalan kami untuk mengikuti Jambore Daerah. Kak Jamal berkesempatan untuk menggantikan peserta yang sakit tersebut, sehingga saya pun ada teman dekat selama pelaksanaan Jambore Daerah ini.

Pemusatan latihan tidak hanya dilaksanakan di tingkat ranting, akan tetapi juga dilaksanakan di tingkat cabang. Sehingga setiap 1 bulan sekali, kami dipanggil ke Kwartir Cabang untuk berkumpul dan berlatih bersama 1 regu sebagai satu pasukan kontingen.

Pemandangan yang sangat jauh berbeda nampak di Pemusatan latihan cabang. Para anggota banyak berasal dari kalangan menengah ke atas, ada yang diantar pakai mobil pribadi, handphone yang sudah berwarna-warni dengan game yang keren-keren, pakaian dan atribut yang modis dan gagah. Akhirnya saya pun minder.

<<Selengkapnya>>

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.