Macam-macam Browser

Macam-macam Browser – Pada jaringan internet, terdapat berbagai fasilitas dan alat untuk berbagi informasi terkini. Pemanfaatan berbagai fasilitas tersebut bisa kita rasakan melalui software browser. Apa itu browser dan macam-macamnya? berikut penjelasannya.

Pengertian Browser

Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai media untuk membuka website dan segala layanannya. Sebagaimana yang kita ketahui, website adalah halaman-halaman yang memuat berbagai informasi dan layanan, yang terkoneksi ke jaringan internet. Halaman-halaman pada website ini dibangun oleh bahasa pemrograman seperti php, html, python dan yang lainnya. Oleh karena itu, pemanfaatan browser juga bisa untuk menjalankan program-program yang dibuat berdasarkan bahasa-bahasa tersebut, seperti game dan aplikasi.

Baca Juga : Pengertian Website

Macam-macam Browser

Saat ini, tersedia berbagai pilihan browser yang bisa kita gunakan. Mulai dengan berbagai fitur yang lengkap, ukuran yang kecil, penggunaan daya yang ringan, sampai kompabilitas untuk membuka berbagai jenis layanan pada website. Berbagai varian dari browser ini hadir sebagai jawaban atas berbagai kondisi pengguna komputer yang bermacam-macam.

Google Chrome

Mayoritas pengguna internet hari ini menggunakan google chrome sebagai browser default-nya. Hal ini tentu karena dukungan aplikasi browser satu ini terhadap berbagai layanan besutan google. Meski demikian, google chrome seringkali masih bermasalah dengan penggunaan RAM yang tergolong besar.

Mozilla Firefox

Salah satu browser yang memiliki kredibilitas karena usianya yang panjang. Mozilla firefox hadir dengan berbagai fitur dan layanan (add-on dan ekstensi) yang sangat lengkap.

Microsoft Edge

Jika dulu, internet explorer sempat menjadi bulan-bulanan akibat performanya yang jauh dari harapan, kali ini penerusnya Microsoft edge memiliki performa yang lebih menjanjikan. Microsoft memberikan sentuhan terkini dengan tampilan yang menarik dan tawaran performa yang lebih baik dari pendahulunya.

Opera

Sebagai salah satu pilihan browser, opera menawarkan kemampuan browsing yang lebih cepat melalui fitur opera turbo. Hal ini juga menjadikan opera sebagai browser yang mengonsumsi data lebih kecil.

UC Browser

Berbeda dengan varian browser sebelumnya, UC Browser masih tergolong browser baru. Berawal dari kesuksesannya di platform mobile, khususnya android, UC browser kini menjelma sebagai salah satu pilihan browser yang mumpuni di komputer desktop.

Safari

Apple sebagai salah satu produsen komputer di dunia memiliki browser khas miliknya sendiri. Browser safari menjadi salah satu pilihan browser yang telah hadir sejak tahun 2003.

Vivaldi

Salah satu pilihan browser dengan ukuran dan performa yang ringan. Namun cukup untuk menjalankan berbagai fasilitas dan layanan standar website.

Ephiphany/Gnome Webs

Salah satu pilihan browser yang hadir dari GNOME untuk pengguna linux. Bagi beberapa distro linux, ephipany hadir sebagai browser default bawaan instalasi.

Demikian informasi seputar macam-macam bowser, semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *