Pilihan Layanan Internet

Pernah kah kamu bingung memilih provider penyedia internet? banyak pilihan kuota, pilihan paket dan sebagainya. Atau mungkin orang tua kamu pernah menerima penawaran pemasangan internet di rumah. Apa yang membedakannya ? Berikut ini adalah informasi pilihan layanan internet yang seringkali kita temukan dan bisa kita gunakan.

Pilihan Layanan Internet

Internet hadir dalam berbagai sisi kehidupan kita melalui teknologi-teknologi ada. Mulai dari perangkat genggam, PC, sampai satelit semuanya saling terintegrasi untuk memberikan layanan jaringan terbaik. Meski demikian, kita harus merencanakan terlebih dahulu penggunaan internet agar ketersediaan layanan ini menjadi maksimal. Berikut ini adalah beberapa perencanaan pemilihan layanan internet.

Penyiapan Perangkat

Hal yang pertama kali harus kita lakukan adalah memilih perangkat yang tepat yang akan kita gunakan. Saat ini tersedia banyak perangkat yang memanfaatkan jaringan internet, mulai dari smartphone, Laptop, PC, CCTV, alarm, dan berbagai perangkat lainnya. Oleh karena itu sebelum menentukan jaringan yang akan kita gunakan, sebaiknya rencanakan terlebih dahulu perangkat-perangkat yang akan kita gunakan.

Sebagai contoh, dalam pemilihan smartphone setidaknya ada beberapa pertimbangan seperti jaringan yang dipakai ( 2G, 3G, 4G atau 5G). Masing-masing jaringan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentu pilihan-pilihan ini tersedia karena ketersediaan sinyal bagi di daerah-daerah tertentu.

Kekuatan Sinyal atau Daya Jangkau

Perhatikan ketersediaan sinyal di wilayah kita masing-masing. Sebagai contoh, meskipun 5G sudah rilis di Indonesia, akan tetapi wilayah yang bisa menggunakannya masih terbatas di 6 kabupaten/kota saja. Begitupun dengan ketersediaan 4G, yang mungkin di wilayah-wilayah terpencil masih susah di dapatkan.

Catatan : Sinyal adalah kekuatan penerimaan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh menara BTS milik penyedia layanan internet. Gelombang elektromagnetik sendiri berfungsi sebagai media transfer data

Sama halnya dengan jaringan sinyal, jaringan kabel pun tidak serta merta tersedia di seluruh wilayah di Indonesia. Karena biaya pengadaan infrastruktur yang relatif mahal, mungkin beberapa wilayah tertentu belum memiliki jaringan kabel internet.

Pemilihan Paket Layanan Internet

Secara umum, penyedia layanan internet menawarkan dua jenis paket, yaitu Volume Based atau kuota, dan Time Based atau paket.

Volume Based atau Kuota adalah batas ukuran transfer data yang diberikan pihak penyedia layanan internet untuk menggunakan jaringan yang tersedia. Contoh : 500 MB, 1 GB, 25 GB (Biasanya menggunakan satuan Byte). Ini artinya ada pembatasan untuk penggunaan transfer data yang kita lakukan berdasarkan kuota yang kita miliki. Dalam perkembangannya, kuota internet ini kemudian di pecah kembali, berdasarkan waktu (paket tengah malam, paket per-jam, dan sebagainya) dan berdasarkan jenis data (paket game, multimedia, medsos, chat, streaming) serta pilihan-pilihan yang lainnya.

Baca Juga : Transfer Data pada Internet

Time Based atau paket adalah batas waktu yang diperbolehkan untuk menggunakan layanan internet. Dalam batasan waktu ini juga dikenakan sebuah aturan bernama FUP (Fair Usage Policy), sehingga selain dibatasi waktu, user juga dibatasi batas wajar penggunaan transfer data. Istilah lain dalam time based ini adalah limited untuk paket yang dibatasi dengan FUP, dan Unlimited untuk yang tidak dibatasi dengan FUP.

Demikian informasi terkait layanan internet yang tersedia, yang bisa kita gunakan untuk sehari-hari. Semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *