Komputer sudah hampir menyebar dan memasuki setiap sendi kehidupan kita. Mulai dari dunia teknologi, astronomi, otomotif, sampai pertanian dan kehutanan. Perkembangan teknologi komputer dan digital ini pun mendorong manusia untuk melakukan pembenahan interaksi antar sesamanya. Kali ini, kita akan sedikit mengenal konsep kolaborasi masyarakat digital sebagai bagian dari perkembangan revolusi industri 4.0

Mengenal Kolaborasi Masyarakat Digital

Pengertian Kolaborasi

Kolaborasi adalah bentuk kerja sama antara dua pihak atau lebih demi mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut adalah sebuah pencapaian target yang telah disepakati bersama, sehingga tidak hanya menguntungkan salah satu pihak saja. Sementara itu bentuk kerja sama ini membutuhkan sebuah interaksi yang terjadi secara fokus antara berbagai pihak tergantung perannya masing-masing. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan digital konsep kolaborasi pun mengalami perkembangan.

Perkembangan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer dan digitalisasi hubungan kolaborasi. Sehingga yang tadinya harus bertemu tatap muka, kini kita bisa bertemu secara virtual dengan menggunakan aplikasi yang terinstal di komputer. Tidak hanya komunikasi secara verbal saja, bahkan kita bisa berbagi pekerjaan dalam satu file dengan mudah. Ini adalah konsep kolaborasi masyarakat digital yang terjadi, sehingga meski demikian esensi dan tujuan ini tidak mengalami perubahan.

Contoh, dalam sebuah kelas seorang guru memberikan tugas kelompok untuk menyusun makalah. Persoalannya adalah rumah setiap siswa dalam satu kelompok memiliki jarak yang berjauhan. Untuk mengantisipasi permasalahan ini maka dibuatlah sistem pembuatan makalah secara online dengan menggunakan google doc. Akhirnya setiap siswa di rumahnya masing-masing bisa bekerja sama dan mengerjakan tugas tersebut dalam satu file yang sama meski dalam jarak yang berjauhan dan tidak bertemu satu sama lain. Inilah bagaimana konsep kolaborasi masyarakat digital berjalan, setidaknya dalam masyarakat satu kelas.

Siapa masyarakat digital itu ?

Sementara itu, masyarakat digital adalah sebuah gambaran kondisi masyarakat baik secara individu maupun lingkungan yang biasa menggunakan perangkat komputer dan produk digital. Pada tahun 2017, Perdana menteri Jepang telah mengantisipasi perkembangan teknologi ini dengan mencetuskan sebuah konsep masyarakat digital bernama “Society 5.0”. Hal ini sebagai bentuk antisipasi teknologi digital yang mulai berkembang secara pesat di berbagai ranah dan aspek kehidupan yang harus disikapi oleh masyarakat secara positif dan produktif.

Revolusi industri 4.0 mendorong berbagai perkembangan teknologi yang secara langsung maupun tidak berdampak pada kehidupan manusia. Dampak ini senantiasa hadir dalam sifat positif dan negatif, meski dalam hal ini terkadang efek negatif terasa lebih cepat hadir di sekitar kita. Dampak negatif tersebut mulai dari konsumerisme, kecanduan gadget, hingga kekhawatiran terhadap kondisi masa depan. Masyarakat digital atau Society 5.0 ini adalah jawaban sekaligus solusi bagaimana seharusnya teknologi dan manusia hidup dalam sebuah hubungan yang positif dan saling menguntungkan.

Baik, ini adalah artikel dan materi pembuka dalam pembahasan tentang Materi Kolaborasi Masyarakat Digital. Pada materi-materi berikutnya kita akan berkenalan lebih jauh dengan konsep dan teknik-teknik kolaborasi digital yang akan bermanfaat dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat.

1 Comment

Society 5.0, Solusi Canggihnya Teknologi – Gudang Materi Informatika SMP
Mei 5, 2021

[…] Baca Juga : Kolaborasi masyarakat digital, pengertian dan konsepnya […]

Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.