Tahun 2019 menjadi tahun pertama implementasi Mata Pelajaran Informatika di Jenjang SMP dan SMA. Penerbitan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 37 tahun 2018, menandai kembali hadirnya informatika sebagai mata pelajaran. Permendikbud no. 37 tahun 2018 ini berisi tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) bagi seluruh mata pelajaran di seluruh jenjang. Kali ini saya akan membagikan link download KI-KD Mata Pelajaran Informatika, sebagai panduan para guru untuk mengajar di sekolahnya masing-masing.

KI-KD Mata Pelajaran Informatika

Berbicara tentang pelajaran komputer di sekolah, Informatika sebenarnya bukanlah hal baru, mengingat pada kurikulum sebelumnya ada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sayangnya, pada kurikulum 2013, mata pelajaran TIK menghilang dan berganti dengan prakarya. Nah, tahun 2019, Informatika kembali hadir berkat perjuangan para guru TIK silam, dan tentu saja atas kepedulian bahwa peserta didik kita akan menyongsong era kecanggihan digital di masa depan.

Untuk mempersiapkan anak didik yang tangguh dan terampil menghadapi masa depan yang penuh dengan kecanggihan teknologi tersebut, maka perlu kehadiran mata pelajaran tentang komputer kembali. Informatika hadir dengan berbagai pembaruan materi, kompetensi terkini, dan tentu saja dengan pendekatan konsep yang lebih matang.

Dari uraian KI-KD yang diterbitkan oleh Menteri Pendidikan, kita dapat melihat bahwa peserta didik tidak hanya dituntut untuk terampil sebagai pengguna saja. Pada beberapa materi tertentu peserta didik belajar juga sebagai pembuat atau pengembang dari berbagai produk digital. Materi-materi seperti Pemrograman dan Computational Thinking akan melatih peserta didik menjadi anak yang produktif dan proaktif dalam merespon berbagai perkembangan zaman.

Belum lagi materi-materi yang menitik beratkan pada kolaborasi dan dampak dalam kehidupan dunia digital. Semua materi tersebut setidaknya akan membuat peserta didik menyadari dampak positif dan negatif dalam beraktifitas di dunia digital.

Berikut adalah garis besar materi-materi yang terdapat pada KI-KD Mata Pelajaran Informatika jenjang SMP.

  • Teknik Komputer, meliputi pengenalan dan pemahaman fungsi-fungsi dari setiap komponen yang tersambung pada komputer.
  • Analisis Data, meliputi pengolahan data, model komputasi, dan algoritma otomasi pengolahan data.
  • Algoritma dan Pemrograman, meliputi pengenalan pemrograman, algoritam dan fungsi atau prosedur.
  • Jaringan Komputer/Internet, meliputi pengenalan teknologi jaringan dan pemanfaatannya.
  • Dampak Sosial Informatika, meliputi kolaborasi masyarakat digital, dampak penggunaan, serta pengetahuan sistem keamanan dasar pada komputer.
  • Computational Thinking, meliputi konsep berfikir dengan fokus pada problem solving dengan pendekatan komputasi.
  • Praktik Lintas Bidang, menjadikan infromatika sebagai solusi praktis dalam berbagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut link download untuk KI-KD Mata Pelajaran Informatika jenjang SMP.

Baca Juga : Panduan Materi Informatika

Demikian artikel dan link download KI-KD Mata pelajaran Informatika jenjang SMP, semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan kritik, saran dan masukan di kolom komentar.

1 Comment

Konten Website dan Panduan Mengajar Informatika SMP – Kang Hadad
April 1, 2021

[…] Baca Juga : Download KI-KD Informatika jenjang SMP […]

Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.