Untuk menjalankan sebuah komputer kita butuh perantara. Hal ini bertujuan agar setiap komponen baik itu hardware maupun software bisa melakukan pekerjaan tepat seperti yang kita inginkan. Perantara ini adalah User Interface atau Layar Antar Muka. User Interface (UI) memiliki peran yang sangat penting untuk menjembatani keinginan pengguna (user) terhadap perangkat komputer yang digunakan. Saat ini ada berbagai pilihan jenis-jenis user interface yang cocok untuk kita gunakan.

Seiring perkembangan waktu user interface pun semakin canggih dan semakin bervariasi. Jika komputer jaman dulu notabene menggunakan perintah berbasis teks untuk mengoperasikan komputer, saat ini komputer bahkan bisa mengerti apa yang kita bicarakan. Berikut adalah jenis-jenis user interface yang ada dan populer saat ini,

Jenis-jenis User Interface

Command Line Interface (CLI)

Awal mula penggunaan interface untuk mengoperasikan komputer dengan memanfaatkan fitur Command Line Interface (CLI). Kita bisa melihat penggunaan CLI ini pada sistem operasi DOS misalnya. CLI adalah sebuah instruksi perintah pada komputer yang menggunakan teks. Sehingga komputer bisa memahami dan mengerjakan apa yang tertulis di layar.

Meski teknologi CLI ini populer pada masa-masa komputer jaman dulu, bukan berarti popularitasnya berkurang. Lebih tepatnya CLI ini bergeser sehingga kerap digunakan hanya oleh orang-orang yang ahli dalam menggunakan komputer. Makanya secanggih apapun sistem operasi, biasanya masih tetap menyematkan fitur CLI dalam bagian pengoperasiannya. Contoh seperti CMD dan Windows Shell pada Sistem Operasi Windows 10, Terminal pada Linux, dan Termux pada Android.

Command Line Interface (sumber : devblogs.microsoft.com)

Salah satu alasan kenapa CLI ini tetap bertahan, karena bagi orang-orang yang sudah kategori expert dalam penggunaan komputer, terkadang malah semakin mudah jika operasi komputer yang mereka inginkan cukup dengan di tuliskan. Di sisi lain, keberadaan GUI tidak cukup dalam memunculkan instruksi sesuai harapan.

Graphical User Interface (GUI)

Beberapa pengguna komputer awam merasa kesulitan jika harus menggunakan komputer berbasis CLI. Kesulitan-kesulitan itu mulai dari kesalahan pengetikan (typo) yang mungkin bisa saja akan berakibat fatal. Kesulitan berikutnya adalah bahasa, dimana bahasa yang digunakan tidak murni seperti bahasa manusia. Ada struktur bahasa yang agak berbeda sehingga bagi yang tidak terbiasa pasti akan kesulitan.

Maka dari itu muncul lah konsep GUI untuk memudahkan pengguna komputer yang awam. Menariknya GUI lahir beriringan dengan lahirnya keberadaan mouse, sehingga pengoperasian komputer menjadi semakin mudah. GUI adalah sebuah interface yang menggunakan konsep ikon dan warna, serta layout aplikasi yang terpola. GUI juga menggunakan warna, kecerahan, kontras dan konsep visual lainnya untuk menjadi perantara komunikasi antar user dan komputer.

Contoh, penerapan warna hijau berarti pekerjaan telah selesai atau komputer dalam kondisi aman. Warna kuning untuk peringatan dan warna merah untuk pemberitahuan hal-hal yang dilarang atau mencurigakan. Sehingga pengguna tidak harus memahami bahasa instruksional dalam mengoperasikan.

Dalam perkembangannya GUI berkembang sesuai dengan masing-masing karakter Sistem Operasi. Contoh adalah penggunaan start menu taskbar pada Sistem Operasi Windows, dan dock menu pada macOS. Karakter GUI ini bisa jadi sangat melekat sehingga user terkadang kesulitan jika terjadi perubahan tampilan. Hal ini pual yang dimanfaatkan oleh Sistem Operasi Open Source seperti Linux yang dengan leluasa menghadirkan berbagai konsep GUI sesuai pasar yang mereka targetkan.

Graphical User Interface (sumber : nukethelibs.blogspot.com)

Baca Juga : Pengertian Interface

Jenis User Interface : Natural Language Processing

Sebenarnya Natural Language Processing (NLP) secara spesifik bukan bagian dari User Interface. NLP lebih ke pengembangan Artificial Intelligence yang memungkinkan komputer bisa memahami dan melaksanakan setiap perintah yang berasal dari bahasa manusia. Namun dengan pengembangan yang kompleks, maka tidak menutup kemungkinan NLP ini akan menjadi salah satu pilihan User Interface pada perangkat komputer.

Untuk sementara ini Cortana besutan windows, Siri dari Apple atau google Assistants dari android adalah beberapa contoh penerapan NLP. Sementara untuk contoh penggunaan secara kompleks, bisa dilihat di film Her.

Baca Juga : 5 Film yang bercerita tentang komputer

Demikian jenis-jenis user interface yang bisa kita manfaatkan untuk mengoperasikan komputer yang kita gunakan. Silahkan sampaikan kritik, saran dan masukan di kolom komentar.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.