Plus minus jaringan internet kabel

Saat ini tentu kita menyadari bahwa internet sudah menjadi bagian dari yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Internet adalah teknologi terkini yang mampu menghubungkan antar manusia tanpa mengenal jarak dan waktu. Kali ini kita akan mengenal lebih jauh bagaimana internet tersambung satu sama lain menggunakan kabel beserta dengan kelebihan dan kekurangannya.

Jaringan internet kabel

jika berbicara kabel, mungkin kita seperti sedang berhadapan dengan sebuah teknologi kuno, ribet, dan tidak efisien. Bayangkan saja, mungkin di halaman rumah kita saja sudah banyak kabel yang bergelantungan, atau bahkan di kamar kita pun keberadaan kabel kayaknya bikin risih, bisa tersandung, putus, koslet dan sebagainya.

Baca Juga : Media Jaringan Internet

Kabel dalam bahasa Inggris disebut cable merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain. Kabel digunakan diberbagai teknologi, mulai dari listrik, komunikasi, dan yang lainnya.

Sementara dalam internet, keberadaan kabel adalah untuk menghantarkan data yang terkoneksi dalam jaringan. Kabel terbuat dari media khusus yang didalamnya memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima berbagai data dengan kecepatan tertentu. seiring dengan perkembangan teknologi, media khusus ini berkembang mulai dari tembaga yang bisa menghantarkan energi listrik sampai dengan kaca yang bisa menghantarkan cahaya.

Kelebihan Jaringan Internet Kabel

kabel memang dibuat dan digunakan sejak tahun 1400-an (silahkan cek wikipedia di atas), sehingga tidak salah juga jika ada yang menganggap kabel sebagai teknologi yang sudah kuno dan ketinggalan zaman. akan tetapi, bagaimanapun juga penggunaan kabel di dunia internet masih menjadi teknologi utama penyangga internet.

Kabel masih menjadi pilihan terbaik dalam melakukan fungsi transmisi data. Beberapa hal yang menjadi kelebihan kabel adalah

Stabil

Kabel menggunakan media padat untuk mentransmisi data, oleh karena itu kondisi perpindahan data dan ketersambungan jaringan bisa terasa lebih stabil. Media padat ini memungkinkan transmisi data melalui jalur khusus yang tidak terganggu oleh kondisi lain, seperti cuaca, badai, atau bahkan sekat dinding. Media padat ini bisa berupa tembaga, kaca, dan yang lainnya.

Memiliki kecepatan transmisi data yang relatif lebih tinggi

Masih karena medianya yang padat, akhirnya kecepatan transmisi terjadi lebih cepat. Teknologi kabel seperti fiber optik, bisa menghasilkan kecepatan internet yang jauh lebih cepat daripada jaringan nirkabel.

Konfigurasi sistem lebih mudah

Seringkali beberapa kabel mengusung sistem plug and play, yang akhirnya akan jauh lebih memudahkan pengguna untuk melakukan transmisi data. Konfigurasi lainnya akan terasa lebih mudah dengan pilihan yang cukup untuk menjamin kualitas transmisi data.

Biaya relatif murah

Di sisi pengguna, jaringan kabel memiliki harga yang relatif lebih murah. Tentu perbandingan lebih murah ini jika di wilayah tersebut sudah tercover oleh jaringan kabel yang di sediakan oleh penyedia internet seperti telkom atau yang lainnya. Jika belum, maka pengguna harus bersabar sampai ada proyek pengadaan dengan sementara memanfaatkan jaringan nirkabel yang ada.

Kekurangan Jaringan Internet Kabel

Di sisi lain, jaringan internet yang menggunakan kabel sebagai media transmisi data pun tidak lepas dari beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari internet kabel,

Proses Instalasi yang Rumit

Untuk penggunaan dengan ruang yang padat dan luas membutuhkan proses instalasi yang agak rumit. Instalasi kabel untuk melakukan percabangan kabel, router, dan repeater menjadi salah satu hal yang harus dilakukan agar jaringan belajar optimal dan maksimal. Meski demikian, pemakaian kabel untuk wilayah dengan kondisi seperti ini masih tetap menjadi pilihan yang lebih baik daripada jaringan nirkabel.

Belum penempatan kabel dan penyusunan jaringan membutuhkan perhatian yang khusus. Kesalahan dalam penempatan dan penyusunan bisa menyebabkan jaringan bekerja tidak maksimal.

Potensi Kerusakan Oleh Hewan

Tikus dan serangga mungkin adalah beberapa hewan yang harus di antisipasi dalam pengguanan jaringan kabel. Gigitan hewan-hewan tersebut bisa menimbulkan kerusakan yang menyebabkan transmisi data terganggu atau bahkan putus sama sekali.

Membutuhkan Biaya Investasi yang besar

Pemerintah atau penyedia layanan internet kabel membutuhkan biaya investasi untuk membangun sistem infrastruktur yang mumpuni. Hal ini pula yang menjadikan pengembangan jaringan internet kabel ini terasa lama. Jaringan kabel bawah laut dan pemasangan tiang adalah dua penyiapan infrastruktur yang membutuhkan biaya yang besar.

Demikian informasi terkait kekurangan dan kelebihan dari jaringan internet kabel ini. Semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

One Comment

  1. Riza Teknik Brebes – Mandor Brebes. Mengerjakan Jasa Galian Tanah, Join Pipa, Ereksen Baja, Bangunan, Cut & Fill, dll. Siap kerjasama dalam proyek Pipa JARGAS, PDAM, Air Bersih, Limbah, Kabel FO, PJU, PLN, Ereksen Baja Sutet, Tower, Bangunan Perumahan, Pabrik, Cut & Fill, dll. HP (WA) 0853.1399.4212 / 0877.2615.6488 Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website kami di http://www.rizateknikbrebes2.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *