Cara Instal Aplikasi Scratch Offline di Windows

Salah satu media untuk belajar pemrograman adalah dengan menggunakan aplikasi Scratch. Pada artikel sebelumnya kita sudah mengenal sekilas tentang scratch dan link untuk mendownloadnya. Sekarang kita akan mempelajari cara instal aplikasi scratch offline di windows.

Instal Aplikasi Scratch Offline di Windows

Scratch adalah aplikasi yang berjalan secara online melalui website yang tersedia di link scratch.mit.edu. Akan tetapi, bagi kita yang tidak memiliki jaringan internet yang memadai, kita bisa menggunakan aplikasi yang bersifat offline. Hanya saja untuk menginstal dan menjalankan aplikasi scratch offline ini kita harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Download Scratch

Baca Juga : Link Download Aplikasi Scratch Offline

Sebelum download kita harus memilih terlebih dahulu versi aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi kita. Disana tersedia pilihan versi windows, mac OS, chrome OS, dan android. Dalam artikel ini kita akan mempelajari rangkaian cara instal dalam sistem operasi windows.

Panduan sederhana download dan instal dalam website scratch

Untuk memulai proses download kita langsung klik tulisan Direct download dan setelah itu browser pun akan secara otomatis memulai download. Harap perhatikan bahwa setiap browser memiliki teknik dan sistem downloadnya masing-masing. Selain dengan menggunakan browser kita juga bisa menggunakan aplikasi download manager.

Instal Scratch

Setelah aplikasi scratch ter-download, maka kita akan memiliki sebuah file berekstensi .exe dengan ukuran file kurang lebih 160 MB. Aplikasi scratch dalam proses instal kali ini adalah versi 3.21.0 untuk sistem operasi windows.

Detail file aplikasi installer scratch

Setelah itu kita klik dua kali pada file tersebut, atau klik kanan dan run as administration untuk mulai menjalankan file installer scratch. Setelah proses loading beberapa detik, kita akan melihat layar menu penginstalan scratch.

Pilih “Anyone who uses this computer (all users)” untuk mengijinkan siapapun menjalankan dan mengoperasikan aplikasi scratch yang terinstal. Atau kita bisa juga memilih “only for me” untuk memberikan ijin pemakaian hanya kepada pemilik akun dalam sistem operasi windows saja.

Jika sudah menentukan pilihan, kita lanjutkan dengan mengklik install. Kemudian layar akan menampilkan pilihan kontrol hak akses atau User Access Control (UAC), pilih “Ya” untuk melanjutkan.

Kemudian layar menampilkan kotak dialog sebagai berikut.

Jika proses instalasi sudah selesai, maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut.

Jika kita akan langsung menjalankan aplikasi scratch, pastikan kotak yang bertuliskan “Run Scratch” tercentang. Klik finish dan secara otomatis komputer akan menjalankan beberapa persiapan agar program berjalan lancar. Tunggu hingga proses loading selesai.

Kemudian akan muncul pertanyaan terakhir, terkait kesediaan berbagai informasi untuk tahap pengembangan scratch kedepannya. Silahkan dipilih “share my usage data with the Scratch Team” jika kita bersedia untuk mengikuti program, atau “Do not share my usage data with the Scratch Team” untuk tidak mengikuti program.

Setelah memilih pilihan di atas, silahkan klik “Close” dan akan tampil pada layar kita menu utama aplikasi scratch.

Menu utama aplikasi Scratch

Demikian artikel cara instal aplikasi scratch offline di windows, semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *