Satu materi yang tergolong baru dalam dunia pendidikan setingkat SMP adalah materi tentang pemrograman. Tentu untuk memberikan pemahaman tentang pemrograman ini harus melalui cara dan teknik yang tepat. Salah satu aplikasi yang bisa di pakai dalam pengenalan materi pemrograman ini adalah Scratch. Kali ini kita akan mencoba mengenal Scratch lebih jauh.

Baik sebenarnya Scratch ini bukan aplikasi baru. Di negara lain yang pada umumnya sudah terlebih dahulu memperkenalkan materi pemrograman, sudah biasa menggunakan Scratch untuk peserta didik seusia SD. Makanya kalau kita lihat di situs Scratch-nya akan terlihat banyak karya yang sudah ada sebelumnya.

Mengenal Pemrograman dalam Scratch

Scratch bermula dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang kemudian pengembangan berikutnya bekerja sama dengan google. Scratch merupakan aplikasi pemrograman yang berbasis block dan menggunakan sistem drag and drop.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bersifat offline, artinya kamu harus download dan install terlebih dahulu. Selain itu, Scratch juga tersedia secara online, sehingga kamu bisa berkarya sekaligus membagikannya agar user lain bisa memainkannya juga.

[Download] : Scratch Offline

Sekali lagi karena Scratch ini adalah aplikasi yang sudah lama beredar di kalangan pendidik, maka kita akan mudah sekali menemukan berbagai tutorial untuk mulai menghasilkan karya.

Bisa membuat aplikasi, game, atau komik bergerak

Berbagai tutorial yang ada pun tidak terbatas hanya membuat aplikasi atau game saja. Dengan Scratch kita juga bisa membuat sebuah cerita bergambar, yang nantinya kita bisa desain agar bisa bergerak dan interaktif.

Memang paling umum dan yang paling menarik untuk peserta didik pelajari adalah bagaimana cara membuat game. Aplikasi atau game yang dihasilkan nantinya akan berekstensi .sb3 yang hanya bisa dibuka dengan menggunakan aplikasi Scratch kembali. Namun jangan khawatir, ekstensi .sb ini nanti bisa di convert ke file berekstensi .html.

Baca Juga : Cara konversi ekstensi .sb3 ke .html (link belum aktif)

Jika sudah berekstensi .html maka karya-karya kita bisa dimainkan menggunakan browser, atau bahkan di upload ke website agar orang lain yang bukan user Scratch bisa memainkannya juga.

Demikian sekilas informasi tentang mengenal aplikasi Scratch, mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan sampaikan kritik, saran, dan masukan melalui kolom komentar dibawah.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.