Download dan Cara Instal CCleaner

Untuk menjaga kesehatan dan performa dari kinerja komputer yang kita miliki, wajib bagi kita untuk menginstal dan memakai aplikasi utilitas. Salah satu aplikasi utilitas atau perawatan tersebut adalah Ccleaner. Berikut ini link download dan cara instal aplikasi Ccleaner. Dalam artikel ini kita akan menginstal aplikasi Ccleaner versi 5.78 dan pada sistem operasi windows 10.

Baca Juga : 5 Aplikasi Perawatan untuk sistem operasi windows

Download dan Cara Instal Ccleaner

Ccleaner adalah aplikasi yang berfungsi untuk merawat dan mengelola penyimpanan pada komputer. Ccleaner khususnya akan membantu kita dalam pengaturan dan pengelolaan data cache, temporary dan registry yang seringkali luput dari perhatian kita. Sebelum melakukan instalasi, hal yang pertama kali harus kita lakukan adalah download terlebih dahulu aplikasi installer Ccleaner.

Link Download : Download Ccleaner

Setelah masuk ke laman di atas, kita akan menemukan beberapa pilihan versi, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Perbedaan versi ini tentu terlihat dari fitur dan layanan yang tersedia. Dalam artikel kali ini kita akan memilih versi yang gratis. Silahkan klik di kotak yang bertuliskan ‘Free Download’ seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu secara otomatis browser akan melakukan proses download sevcara otomatis. Harap perhatikan bahwa setiap browser memiliki sistem download yang berbeda-beda. Kita bisa juga menggunakan aplikasi download manager untuk pengalaman download yang lebih baik.

Cara Instal Ccleaner

Setelah download selesai, maka kita akan memiliki sebuah file installer dengan ekstensi akhiran .exe. Untuk ukuran filenya sendiri berkisar 30 MB.

Setelah itu silahkan klik dua kali atu klik kanan dan pilih ‘run as administration’. Maka layar akan menampilkan menu User Access Control atau UAC, silahkan pilih ya.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, klik install untuk melakukan instalasi dengan pengaturan default atau Customize untuk melakukan modifikasi terlebih dahulu. Harus kita perhatikan, sebelum klik customize sebaiknya kita mengetahui segala resiko yang mungkin terjadi, jika tidak maka abaikan saja dan klik install.

Menu instalasi akan mengarahkan kita ke menu penawaran untuk aplikasi lain, yaitu avast. Perhatikan bahwa avast adalah aplikasi pihak ketiga diluar dari Ccleaner. Sebaiknya abaikan penawaran ini dengan meng-klik Decline untuk menjaga performa komputer yang kita pakai. Kecuali kita membutuhkan aplikasi anti virus satu ini.

Setelah itu proses instalasi akan dimulai dan memakan waktu hanya beberapa menit saja (dalam proses instalasi penulis hanya memakan waktu 2 menit saja). Setelah itu akan muncul menu tampilan seperti ini. Jika kita ingin mengetahui detil versi dan fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi Ccleaner pada versi ini, pastingan kotak centang View Release Notes tercentang. Jika tidak maka kosongkan saja.

Sampai di sini proses instalasi telah selesai. Jika kita ingin menjalankan aplikasi Ccleaner, kita bisa mengklik ikon pada layar desktop, atau mencarinya di start menu atau pencarian. Berikut ini adalah tampilan awal dari aplikasi Ccleaner.

Demikian artikel Download dan cara instal Ccleaner pada sistem operasi windows. Semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *