Sebagaimana namanya, teknologi informasi adalah alat-alat yang membantu kehidupan manusia yang berkaitan dengan pengolahan dan penyajian informasi. Pertanyaannya adalah dari mana sumber informasi itu berasal ? Apakah semua hal yang kita temui dan kita tangkap melalui panca indera bisa menjadi informasi ? Kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang data dan informasi serta pengolahannya menggunakan komputer sebagai teknologi informasi.

Data dan Informasi dalam Informatika

Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali menjumpai hal-hal tertentu. Mulai dari mobil yang bergerak, tiang listrik, bertemu banyak orang, mengangkat atau membawa berbagai benda, atau bahkan bertemu dengan hewan-hewan seperti kucing misalnya. Dalam berbagai kejadian itu, kita bisa memilah mana yang termasuk fakta dan mana yang bukan.

Fakta adalah peristiwa atau hal yang benar-benar ada dan terjadi serta memungkinkan untuk dibuktikan. Sementara selain itu, berbagai hal yang belum tentu ada, tidak terbukti keberadaannya, atau hanya sebatas cerita simpang siur, maka hal tersebut bisa jadi hanya opini. Salah sati tanda keberadaan fakta yaitu harus terbukti melalui penangkapan sensor dengan menggunakan panca indera, seperti terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga, tercium oleh hidung dan yang lain sebagainya.  Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan metodologi ilmiah, fakta menjadi berkembang dengan pembuktian-pembuktian melalui kajian ilmiah dan teknologi informasi.

Fakta-fakta yang terkumpul ini kemudian menjadi dasar terbentuknya sebuah kumpulan data. Data adalah fakta-fakta yang kita temukan baik itu tercatat ataupun tidak. Setiap hal yang bisa tertangkap dan dibaca oleh pancaindera, yang kemudian bisa berbentuk angka-angka atau simbol tertentu adalah data. Contoh, tinggi tiang itu adalah 2 meter, orang itu sehat, benda itu berat, kucing itu memiliki bulu yang bagus, dan yang lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian data menurut para pakar

Hasil pengolahan data dan fakta sehingga menjadi sebuah pengetahuan yang bermanfaat dan bernilai inilah yang dimaksud dengan informasi. Sehingga kita mengetahui bahwa setiap mobil yang bergerak itu sebenarnya adalah angkutan umum yang akan bisa membantu orang-orang untuk bepergian, atau tiang-tiang yang tingginya 2 meter itu adalah untuk memancangkan tali jemuran di depan rumah, dan yang lain sebagainya. Informasi-informasi ini akan meningkatkan kualitas hidup seseorang, tergantung dari bagaimana ia melakukan pengolahan data dan faktanya.

Hasil pengolahan data dan fakta yang lantas menjadi informasi ini akan menjadi data dan fakta baru bagi orang lain. Informasi-informasi ini akan membantu orang lain dalam melakukan pengolahan data kembali sehingga akan menghasilkan informasi-informasi terbaru lainnya.

Demikian sepintas materi tentang data dan informasi dalam dunia informatika, semoga bermanfaat.

1 Comment

Panduan Mengajar Informatika Kelas 7 – Gudang Materi Informatika SMP
Juni 13, 2021

[…] Data dan InformasiMengenal lingkungan kerja Google Sheets […]

Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.