Facebook adalah salah satu aplikasi media sosial yang saat ini paling banyak pengguna. Mulai dari kalangan pemula sampai profesional, remaja hingga dewasa, dan dengan beragam profesi. Semua akun tersebut yang saling terhubung satu sama lain dengan model pertemanan. Karena banyaknya hubungan interaksi tersebut, terkadang kita tidak menduga jika ada yang berniat tidak baik dan dengan meretas akun facebook kita. Berikut ini adalah cara mengembalikan akun facebook yang di hack.

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Di Hack

Sebelum memulai langkah-langkah pemulihan akun facebook, kita harus memahami sistem keamanan yang optimal pada akun fb kita. Sistem keamanan tersebut adalah dengan menggunakan sistem keamanan dua lapis.

[Baca Juga] : Cara mengamankan akun fb dengan autentikasi 2 faktor (kumparan)

Begitupun dengan langkah-langkah yang akan kita lakukan, setidaknya kita harus memiliki alamat email yang bisa kita akses, dan nomor handphone aktif. Dengan kedua alat tersebut pihak facebook bisa dengan mudah mengenali pemilik akun yang sah.

Baik, jika kedua alat ini sudah siap sekarang kita lanjutkan ke cara mengembalikan akun facebook yang di hack.

1. Merubah sandi melalui nomor handphone atau email

Ini adalah metode awal yang paling sederhana, jika pelaku peretas hanya baru sampai merubah password facebook kita. Syaratnya adalah kita daftar akun fb dengan menggunakan email atau nomor handphone yang masih aktif dan bisa kita akses.

  • Buka aplikasi facebook, baik di aplikasi atau di browser.
  • Klik “lupa akun”, dan selanjutnya kita harus mengisi alamat email atau nomor handphone dari akun fb kita.
  • Kemudian setelah beberapa konfirmasi, kita akan mendapatkan instruksi pemulihan password melalui email atau nomor handphone.

2. Mendapatkan kode pemulihan melalui teman

Selanjutnya adalah jika email dan nomor akun facebook kita terlanjur sudah berubah, baik karena perbuatan pelaku atau karena memang sudah tidak aktif lagi. Maka kita bisa meminta tolong teman fb kita dengan cara berikut,

  • Sama seperti tahapan diatas, kita akan klik “lupa akun”,
  • Isikan alamat email atau nomor telepon kita. akan tetapi karena keduanya sudah tidak aktif maka kita akan klik “tidak punya akses kesini lagi”
  • Minta kode pemulihan dengan memilih 3 kontak teman kita di facebook, yang akan menerima kode pemulihan tersebut. Harap diperhatikan bahwa ketiga teman kita tersebut harus dalam posisi aktif.

3. Memperoleh bantuan dari facebook

Sebenarnya facebook sudah menyediakan layanan khusus jika kita merasa ada yang salah dengan aktifitas akun facebook yang kita miliki. Facebook menyediakan layanan pemulihan di link : facebook.com/hacked

Disini kita akan menerima berbagai bantuan tahapan pemulihan akun mulai dari pengecekan riwayat password, sampai identifikasi tanda pengenal. Kuncinya di tahap awal, kita harus memastikan bahwa akun kita masih ada dan bisa di akses oleh facebook itu sendiri.

Demikian informasi tentang cara mengembalikan akun facebook yang di hack, semoga bermanfaat.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.