Akhir-akhir ini marak terjadi peretasan yang menyasar banyak pengguna facebook. Akun yang menjadi korban akan memposting konten tak senonoh dan men-tag banyak akun lainnya. Pengguna akun yang kena tag akan menjadi korban berikutnya kalau tidak berhati-hati. Berikut ini beberapa tips cara mencegah kena hack dari notifikasi tag facebook.

Baca Juga : Tips Bermedia Sosial

Mencegah Kena Hack dari Notifikasi Tag Facebook

Hal yang paling sederhana dari pencegahan hack atau peretasan adalah dengan tidak meng-klik tautan pishing. Pishing adalah teknik hacking dengan membuat sebuah link palsu yang bertujuan untuk mencuri data. Jadi selama kita tidak pernah mengklik tautan eksternal yang mengarah pada sistem hacking, maka akun kita bisa dipastikan akan aman.

Akan tetapi sering kali kita bertemu link pishing dengan tampilan dan nama yang begitu meyakinkan atau ‘menggoda’. Sehingga mungkin baik secara sengaja atau pun tidak, kita meng-klik tautan tersebut. Akhirnya, tautan itu akan menjadi jalan para hacker mengambil alih akun kita. Nah untuk memperkecil resiko tersebut, berikut ini beberapa pengaturan notifikasi dan tag yang bisa kita lakukan.

Sembunyikan dan hapus notifikasi tag yang mencurigakan

  • Masuk ke tab notifikasi, dan tapi titik tiga yang berada di samping kanan notifikasi
  • Pilih menu, kemudian berturut-turut tap “hapus notifikasi ini” untuk menghapus notifikasi, dan tap “nonaktifkan notikasi tentang update …” untuk mencegah muncul kembali notifikasi dari akun yang dicurigai menyebar pishing.

Atur pengaturan notifikasi hanya berasal dari teman

  • Masih di laman utama fb, tap garis tiga yang ada di pojok kanan atas layar
  • masuk ke pengaturan, posisi paling bawah layar, kemudian masuk ke bagian preferensi dan notifikasi
  • Kita akan masuk ke pengaturan notifikasi, tap “tanda”
  • Pilih “teman” untuk menampilkan notifikasi hanya dari teman saja. Setelah melakukan pengaturan ini kita tidak akan melihat kembali notifikasi dari orang asing atau yang tidak kita kenal.

Menampilkan foto atau postingan yang bertanda diri kita hanya pada orang-orang tertentu saja

Tujuannya agar orang lain tidak melihat postingan yang menandai diri kita, sehingga akan meminimalisir potensi peretasan pada akun orang lain. Berikut caranya,

  • Masih di pengaturan, kita pergi ke bagian pemirsa dan visibiltas. Kemudian cari bagian profil dan penandaan. Tap untuk melakukan pengaturan.
  • Di dalam menu pemirsa dan visibilitas, pilih dan tap menu seperti yang di lingkari di bawah ini
  • Kemudian kita atur siapa saja yang bisa melihat postingan yang bertanda diri kita

Cara menghapus tag yang sudah terlanjur terpasang

  • Pilih postingan tersebut, kemudian dibagian atas tap titik tiga
  • Kita akan masuk ke halaman menu untuk postingan tersebut, berturut-turut tap “hapus tanda” untuk menghapus tag nama akun kita, dan tap “cari dukungan atau laporkan”
  • Di menu “cari dukungan atau laporkan” kita bisa melaporkan postingan tersebut dengan sebelumnya jenis pelanggaran yang dilakukan. Selanjutnya kita bisa menentukan tindakan apa untuk akun yang menyebarkan dan menandai kita dalam postingan tersebut.

Demikian informasi cara mencegah cara mencegah kena hack dari notifikasi tag facebook. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Waspada, Jebakan Pishing pada tag Facebook (kompas)

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.