Cara Memanfaatkan Bantuan Kuota Internet Kemdikbud

Tidak terasa sudah satu tahun berlalu sejak pertama kali kemdikbud memutuskan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemik. Berbagai kebijakan lain hadir guna memperkuat dan mempermudah kegiatan pembelajaran selama di rumah. mulai dari hadirnya kurikulum darurat, sampai lahirnya program guru pembelajar di masa pandemik. Selain itu, guna meningkatkan efektifitas pembelajaran, kemdikbud juga merilis bantuan kuota internet. Kali ini kita akan bersama-sama berusaha memahami cara memanfaatkan bantuan kuota internet agar pjj berjalan maksimal.

Bulan maret ini, Kemdikbud secara resmi mulai mendistribusikan kembali kuota bantuan internet untuk para guru dan murid. Tujuan dari bantuan kuota ini untuk menunjang kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh selama masa pandemik. Harapannya, murid dan guru tidak lagi pusing memikirkan kuota selama pembelajaran berlangsung.

Maret hingga mei ditetapkan sebagai rentang waktu penerimaan bantuan kuota internet ini. Sehingga sampai akhir pelajaran tahun 2020-2021 setiap satuan pendidikan bisa menggunakan bantuan internet ini dengan maksimal. Untuk memeriksa apakah bapak/ibu sudah menerima bantuan kuota internet silahkan cek disini.

Bantuan kuota internet, maksimalkan untuk belajar

Memanfaatkan bantuan kuota internet
sumber : pixabay

Sebagaimana tujuan awal, pemanfaatan bantuan kuota internet ini khusus untuk kegiatan belajar mengajar saja. Sheingga jenis kuota yang tersedia lebih banyak untuk penggunaan aplikasi video-conferrence, aplikasi/situs penunjang belajar, dan kuota umum.

Juga menjadi perhatian kemdikbud, atas laporan-laporan yang terjadi di lapangan. Seringkali terjadi penyalahgunaan kuota untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan pembelajaran, seperti game online, atau media sosial. Oleh karena itu, pada kuota kali ini ada pembatasan. Bantuan kuota internet ini tidak bisa digunakan untuk mengakses game online dan aplikasi media sosial yang tidak berhbungan dengan kegiatan belajar mengajar. Sementara itu, para guru masih bisa memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran karena situs video sharing tersebut tidak kena pembatasan.

Sementara itu, besaran kuota untuk video conferrence masih dominan sehingga sebaiknya para guru memanfaatkan dengan betul akses untuk yang satu ini. Aplikasi-aplikasi video conferrence seperti zoom, cisco, google meet dan yang teranyar saat ini adalah room besutan facebook mesengger. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa bermanfaat untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara daring, karena memungkinkan terjadi pertemuan secara real time.

Berikut ini adalah besaran kuota untuk setiap masing-masing jenjang,

  • Peserta didik PAUD (siswa) 7 GB/bulan
  • Peserta didik pendidikan dasar dan menengah (siswa) 10 GB/bulan
  • Pendidik PAUD, pendidikan dasar, dan menengah (guru) 12 GB/bulan
  • Mahasiswa dan dosen 15 GB/bulan

Demikian informasi tentang cara memanfaatkan bantuan kuota internet ini, semoga bermanfaat. Silahkan sampaikan pertanyaan, kritik dan saran di kolom komentar.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *