Cara Kerja WeBsite

Internet adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk bertukar informasi dan berkomunikasi. Untuk memaksimalkan fungsi tersebut, kita bisa memanfaatkan website. Berikut ini cara kerja website yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan informasi kita.

Cara Kerja Website

Browsing adalah aktifitas mengakses website melalui mesin pencarian untuk menemukan informasi tertentu. Aktifitas browsing akan menjalankan sebuah skema pekerjaan yang terstruktur dalam sebuah sistem jaringan komputer. Berikut ini gambaran skema pekerjaan pada saat browsing.

Secara sederhana proses kerja website adalah sebagai berikut.

a. Pengguna atau user melakukan input alamat website. Alamat website yang berupa URL (Uniform Resource Locator) ini adalah sebuah sistem alamat dari website tertentu. URL di ketik melalui tab pencarian di browser atau bisa juga berupa hasil dari pencarian melalui mesin pencarian seperti google.

b. Saat user menekan enter atau mengklik tautan URL, maka browser akan mengirimkan permintaan berupa HTTP Request (Hyper Text Transfer Protocol) kepada web server melalui layer-layer TCP/IP. Berdasarkan permintaan tersebut, kemudian web server akan menyiapkan berbagai informsi yang terdapat pada web file.

c. Web Server akan mengirimkan kembali informasi dan data yang di minta oleh pengguna internet. Informasi tersebut akan terkirim kembali melalui HTTP Response ke web browser milik pengguna melalui layer TCP/IP kembali.

d. Pengguna akan menerima informasi dan data yang di minta menjadi sebuah tampilan (display) di layar monitor melalui aplikasi browser.

Proses di atas sebenarnya terjadi melewati jarak yang sangat jauh. Setiap perlintasan data, jaringan internet akan melalui perlintasan jarak bahkan sampai antar benua. Hal ini karena beberapa server raksasa sebagai penyedia fasilitas penyimpanan web file berada di belahan benua lain, seperti SIngapura, Tiongkok, dan Amerika Serikat.

Begitupun jika melihat waktunya, proses di atas terjadi sangat begitu cepat, sehingga seringkali pengguna tidak menyadari setiap proses yang berlangsung di balik penggunaan internet. Kecepatan internet akan mempengaruhii kecepatan pengguna dalam akses memperoleh informasi. Selain itu, spesifikasi komputer pun turut mempengaruhi sebagian kecil dalam proses pemuatan tampilan informasi dan kinerja aplikasi browser.

Baca Juga : Data dan kecepatan internet

Demikian infomasi tentang cara kerja website, semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

2 Comments

  1. […] menggunakan internet adalah transfer data. Pada artikel sebelumnya kita sudah mempelajari tentang cara kerja website. Kali ini kita akan mempelajari tentang transfer data yang terjadi pada saat kita menggunakan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *