Cara Browsing di Google

Mungkin saat ini, hampir setiap hari kita menggunakan website search engine untuk mencari berbagai informasi yang kita butuhkan. Menariknya, berbagai search engine memiliki database informasi dengan sistem algoritmanya tersendiri untuk menampilkan informasi-informasi tersebut. Berikut ini cara browsing di Google agar pencarian menghasilkan informasi yang efektif.

Cara Browsing di Google

Browsing adalah aktifitas untuk mencari informasi melalui mesin pencarian yang biasanya terpasang dan berjalan secara otomatis pada browser. Istilah lain dari browsing ini adalah googling, yang merujuk pada penggunaan mesin pencarian google sebagai media utamanya. Nah, kita bisa mengenal cara browsing dengan google ini agar menghasilkan informasi yang berkualitas.

Dikutip dari laman support milik google, berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan ketika browsing dengan google.

Mulai dari hal yang sederhana

Langkah awal pencarian informasi adalah dengan menuliskan apa yang akan kita cari di kolom pencarian. Jangan terjebak dengan hal-hal yang detil, sehingga membuat kita terlalu lama berfikir.

Frasa pencarian juga bisa kita lengkapi dengan deskripsi tambahan yang akan membuat mesin pencari menampilkan informasi yang lebih berkualitas. Deskripsi tambahan seperti, lokasi, waktu, atau yang lainnya yang bisa membantu mesin pencari menemukan informasi yang tepat untuk kita.

Menggunakan Suara

Browser yang terpasang pada perangkat yang memiliki microphone bisa melakukan browsing dengan menggunakan suara. Khususnya pada perangkat android, yang sudah terintegrasi dengan fitur ini bisa melakukan pencarian dengan lebih efektif.

Pemilihan kata yang tepat bisa menghasilkan hasil yang lebih baik

Penggunaan kata atau frasa yang tepat dan menghilangkan kata-kata yang di anggap tidak terlalu penting bisa mempengaruhi hasil pencarian. Begitupun dengan penggunaan kosakata dan susunan kata bisa juga mempengaruhi hasil yang nantinya akan muncul.

Untuk informasi-informasi yang susah di dapatkan dalam bahasa indonesia, mungkin sesekali kamu bisa menggunakan bahasa inggris. Namun hati-hati jika kamu akan menggunakan google terjemahan, karena mungkin hasilnya tidak begitu akurat.

Jangan Khawatirkan hal-hal yang kecil

Penggunaan huruf kapital atau tidak, serta beberapa tanda baca tidak akan berpengaruh terlalu besar pada hasil pencarian. Kecuali untuk hal-hal yang bersifat teknis yang akan mempengaruhi sistem pencarian dalam bekerja. Untuk hal ini kamu bisa baca di sini.

Temukan jawaban cepat

Google secara otomatis akan menampilkan jawaban melalui aplikasi yang di anggap relevan. Jawaban-jawaban seperti cuaca, nilai tukar, test kecepatan internet, terjemahan, dan yang lainnya, akan otomatis tampil sebagai referensi utama dalam hasil pencarian.

Dengan mengikuti berbagai cara dan tips browsing dengan menggunakan google ini, harapannya kita bisa menemukan informasi yang cepat dan berkualitas. demikian informasi ini, semoga bermanfaat.

 

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *