Rasa-rasanya, kita sudah tidak asing dengan istilah komputer. Di berbagai lapisan kehidupan, hampir semua menggunakan komputer karena begitu banyak manfaatnya. Sejenak mari kita pelajari, apa sebenarnya komputer itu ? dan kenapa pada saat ini komputer seakan-akan tidak bisa terlepas dari kehidupan kita. Mari Berkenalan dengan komputer.


Konsep komputer sudah ada sejak ribuan tahun silam, tepatnya sejak masa Babylonia. Pada masa itu, untuk membantu proses perhitungan dan transaksi perdagangan menggunakan sebuah alat bantu untuk melakukan perhitungan. Oleh karena itu, istilah komputer sendiri terinspirasi dari istilah To Compute yang artinya berhitung atau alat hitung.

Berkenalan dengan Komputer

Baik, sekarang mari sejenak kita berkenalan dengan perangkat-perangkat yang menjadi bagian dalam komputer. Ada laptop, deskbook, Macbook, PC, dan mungkin sebagian ada juga yang menyadari kalau smartphone pun sebenarnya adalah Komputer. Nah kalau begituapa kesamaan dari berbagai perangkat tersebut ? Secara sederhana sistem komputer dapat adalah sebagai berikut,

 Sistem komputer adalah kombinasi antar perangkat yang melakukan proses perhitungan dan pengolahan data sehingga menghasilkan informasi.

Lantas, perangkat apa sajakah yang termasuk dalam bagian-bagian sistem komputer dalam pengertian diatas ? Berikut perangkat-perangkat yang menyusun sebuah sistem komputer.

Perangkat Keras

Secara sederhana, perangkat keras adalah perangkat pada komputer yang memiliki bentuk dan tampak secara fisik. Pengenalan fisik ini berdasarkan ukuran panjang, lebar, tinggi, berat dan teksturnya. Masing-masing komponen yang tersambung pada komputer memiliki fungsi dan tugas-tugasnya secara khusus.

Perangkat Lunak

Sementara perangkat lunak adalah sebuah program yang berisikan instruksi-instruksi agar komputer bekerja sesuai dengan yang harapan. Perangkat lunak biasanya berbentuk digital yang tampil pada monitor komputer. Fitur yang terlihat tersebut merupakan sebuah Interface atau tampilan antar muka yang akan memudahkan pengguna komputer.

Brainware

Istilah lain untuk manusia yang terlibat dalam penggunaan komputer. Pengguna disini bisa berarti sebagai pengguna akhri (End-User) atau produsen atau programmer. Bagaimana pun juga komputer bisa berjalan dan bekerja secara optimal jika ada manusia atau pengguna yang mengoperasikannya.

Demikian artikel tentang berkenalan dengan komputer ini semoga bermanfaat, silahkan untuk menyampaikan kritik, saran dan masukan di kolom komentar.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.