Pengembangan teknologi jaringan internet sudah memasuki generasi ke-5. Setelah para pengguna internet di dunia telah terbiasa menggunakan 4G, kali ini kita akan bersama-sama menyambut kehadiran 5G. Lantas seperti apa jaringan 5G itu ? Bagaimana cara memanfaatkan jaringan 5G agar sesuai dengan dengan tujuannya ?

Prediksinya, kecepatan 5G ini bisa mencapai 100 kali lipat dari kecepatan 4G. Artinya, kecepatan 5G ini bisa menembus kecepatan 10 Gbps (Gigabit Per Secon), dan bahkan ada pendapat lain yang mengatakan jika 5G ini bisa menembus kecepatan download 20 Gbps. Tentu kecepatan sebesar ini akan terasa tidak maksimal dan sia-sia jika pemanfaatannya hanya sebatas aktifitas biasa, seperti download, nonton film atau main game.

Baca : Jaringan 5G menurut wikipedia

Jaringan 5G, Pengalaman Baru Berkomunikasi

Berbagai fasilitas internet (pixabay)

Beberapa pemanfaatan jaringan 5G diantaranya,

  • Pemeriksaan Kesehatan Virtual, terutama dalam kondisi pandemik komunikasi antara dokter dan pasien menjadi sedikit terhambat. Antisipasi akan hal tersebut bisa dengan menggunakan pertemuan virtual. Sementara untuk memastikan proses pemeriksaan yang akurat maka membutuhkan sistem yang bisa menampilkan riwayat, kondisi fisik, dan catatan-catatan penunjang lainnya.
  • Pembelajaran jaral jauh interaktif berbasis virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Lagi-lagi kondisi pandemik memaksa pendidikan untuk ‘lebih maju’ dalam memanfaatkan teknologi. Penggunaan VR dan AR akan menambah pengalaman pembelajaran yang lebih menarik, menantang, berkesan dan terasa lebih canggih.
  • Penggunaan sistem cloud gaming. Pertumbuhan game online akhir-akhir ini meningkat pesat, dengan mengusung multiplayer game para gamers di seluruh dunia bisa saling berinteraksi dalam ruang virtual. Sistem cloud pada sisi gaming ini akan semakin memudahkan para gamers karena proses penginstalan tidak pada perangkat masing-masing. Penginstalan cukup hanya di server game, sehingga pemain tidak lagi keberatan dengan spesifikasi perangkat gaming.
  • Sistem produksi dunia industri akan meningkat dan lebih efisien. Memasuki revolusi industri 4.0, penggunaan Internet of Things, dan pengembangan robot menjadi penanda era baru dalam dunia industri. Maka kehadiran jaringan 5G akan menyempurnakan sistem efisiensi pada dunia industri. Otomasi mesin dan robot dengan kendali jarak jauh bisa menggerakan roda industri ke arah yang lebih positif.
  • Sistem kependudukan dan Pemerintah. Pengolahan dan pelayanan data masyarakat pada negara berkembang seperti Indonesia terkadang menjadi momok yang sering menghantui sistem birokrasi. Dengan peningkatan jumlah penduduk yang semakin hari semakin besar maka pemerintah butuh sistem yang mengintegrasikan layanan pencatatan penduduk sipil dengan berbagai pelayanan publik.

Membutuhkan regulasi yang matang

Jika kita berkaca pada berbagai poin pemanfaatan di atas, maka wajar jika untuk menerapkan jaringan 5G ini butuh regulasi yang matang. Setidaknya untuk menghindari penyalah gunaan dan memastikan semua sistem berjalan maksimal.

Di Indonesia sendiri pengembangan 5G ini sudah sejak tahun 2017. Perilisan berbagai perangkat yang mendukung penggunaan 5G pun sudah mulai marak dari beberapa vendor. Sementara itu, provider sebagai penyedia jaringan dan infrastruktur pun sudah menyatakan siap menyambut 5G. Tinggal menunggu regulasi yang disahkan oleh pemerintah. Kita berharap jaringan 5G ini rilis ke publik seiring dengan kesiapan para penggunanya dalam memanfaatkan dan memaksimalkan jaringan super cepat ini.

Baca juga : Pengertian Internet

Kritik, saran dan pertanyaan boleh melalui kolom komentar.

1 Comment

Perangkat Media Penyimpanan Data – Kang Hadad
April 3, 2021

[…] Baca Juga : Pemanfaatan Internet 5G di Masa Depan […]

Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.