Aktifitas profiling media sosial

Hampir sebagian besar dari kita mungkin adalah pengguna media sosial yang aktif. Pembacaan data dan karakter seseorang pun bisa terjadi melalui profiling. Apa itu profiling dan bagaimana cara mengantisipasinya ? Berikut ini adalah tips profiling media sosial.

Profiling Media Sosial

Secara sederhana, profiling adalah aktifitas pembacaan profil atau identitas beserta dengan karakteristik di sekitarnya. Tujuannya adalah untuk melakukan penilian yang general terhadap objek profiling. Sebagaimana menurut dictionary.com, profiling adalah penggunaan karakteristik personal atau pola tingkah laku sebagai daya ukur untuk menggeneralisasikan seseorang.

Berbagai pihak memanfaatkan profiling media sosial untuk mempertimbangkan keputusan berikutnya. Di Era saat ini misalnya, sudah lazim bagi beberapa perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk mencantumkan akun media sosial pada surat lamarannya. Tujuannya adalah untuk melakukan profiling calon karyawannya.

Begitupun pada ranah politik dan pemerintahan, profiling menjadi satu tolak ukur tingkat kepercayaan publik pada politisi dan pejabat. Dan bisa juga di dunia pendidikan, profiling media sosial peserta didik bisa menjadi salah satu pertimbangan nilai bagi para guru khususnya ketika Belajar Online berlaku.

Kesimpulannya, Profiling ini adalah proses membaca identitas dan karakter berdasarkan aktifitas kita di media sosial. Oleh karena itu, kita harus menjaga aktifitas media sosial ini seperti postingan, komentar, galeri, dan aktifitas lainnya. Serta keterhubungan media sosial dengan aplikasi lain seperti game, dan sistem algoritma (seperti riwayat pencarian) akan menentukan nilai kita di kehidupan nyata.

Profiling Media Sosial = Branding

Jika aktifitas membaca karakter orang lain di media sosial disebut dengan profiling, sebaliknya membentuk dan merencanakan karakter sendiri di kenal dengan istilah branding. Setiap dari diri kita seharusnya memiliki kesadaran untuk melakukan branding khususnya di media sosial. Sehingga ketika nanti ada aktifitas profiling pada media sosial yang kita miliki, kita akan mendapatkan penilaian seperti yang kita harapkan.

Terlebih, sebagai seorang muslim kita memiliki karakter dan sifat yang mesti di jaga. Tidak hanya di kehidupan nyata, keshalihan, ketaatan, keimanan, dan keislaman harus kita tampilkan di dalam aktifitas media sosial. Oleh karena itu, berupayalah untuk membranding diri dengan nilai-nilai positif yang mengundang keberkahan di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga : Contoh Branding

Demikian pentingnya kita memahami aktifitas profiling pada akun media sosial milik kita, semoga bermanfaat.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *