6 Syarat Bagi Seorang Penuntut Ilmu

Kegiatan belajar adalah sebuah kegiatan yang tidak akan pernah berhenti dalam perjalanan hidup manusia. Baik secara sadar atau pun tidak, manusia membutuhkan peningkatan pengetahuan untuk mengarungi kehidupan. Khususnya bagi seorang muslim, seorang ulama bernama Az Zarnuji memberikan memberuikan syarat-syarat bagi seorang pelajar agar meraih keberkahan ilmu. Berikut ini adalah 6 syarat bagi seorang penuntut ilmu dinukil dari kitab ta’lim al-muta’allim.

6 Syarat penuntut ilmu agar berkah

1. Cerdas

Cerdas adalah kemampuan untuk memaksimalkan seluruh potensi dalam rangka belajar. Allah subhanahu wa ta’ala telah mengaruniakan kepada setiap manusia berbagai potensi melalui panca indra. Orang yang cerdas adalah orang yang bisa menggunakan panca indra itu untuk memaksimalkan peningkatan kualitas dirinya dalam proses belajar.

Maka kecerdasan ini pun terbagi menjadi dua, yang pertama adalah kecerdasan yang berasal dari kemampuan berpikir. kemampuan berpikir ini hadir melalui proses pengasahan penguatan dan pembiasaan yang salah satunya bisa berasal dari kegiatan kegiatan belajar formal. Maka kegiatan belajar di sekolah ini sebetulnya bukan untuk memperoleh berbagai ilmu akan tetapi adalah proses untuk membiasakan diri berpikir dan bagaimana cara memperoleh dan mengkaji sebuah ilmu.

Yang kedua adalah kecerdasan yang berasal dari karunia dari Allah subhanahu wa ta’ala. Terkadang ada beberapa orang yang terlahir dengan kecerdasan di atas rata-rata. Hal ini terlihat dari IQ misalnya. Karunia Allah ini adalah potensi yang harus disyukuri dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh seorang pelajar atau penuntut ilmu.

2. Bersungguh-sungguh

Syarat lain dari proses belajar adalah bersungguh-sungguh atau mengerahkan seluruh energi untuk fokus pada pencarian ilmu. Ilmu adalah sesuatu yang berharga sehingga untuk memperolehnya butuh perjuangan yang tidak setengah-setengah. Selain karena dalam proses pencarian ilmu terkadang kita menghadapi berbagai rintangan dan hambatan.

3. Sabar

Ketika menuntut ilmu kita akan menghadapi berbagai masalah ujian ataupun rintangan. selain bersungguh-sungguh dalam menghadapi itu semua seorang penuntut ilmu juga wajib untuk memiliki sifat sabar. Sifat sabar ini ini akan mengantarkan seorang penuntut ilmu menuju karakter ikhlas.

Terlebih seorang penuntut ilmu tentu pada saat itu tidak akan sepenuhnya menyadari tentang program-program yang sedang dijalankan oleh gurunya. Sifat sabar ini harus senantiasa tampil berbagai program pembinaan ilmu.

4. Biaya

Dalam mencari ilmu pastinya membutuhkan biaya, entah itu untuk bekal untuk dirinya sendiri atau untuk pengadaan materi. Dan pastinya seorang penuntut ilmu yang memiliki adab pasti akan memberikan penghargaan terhadap guru yang mengajarinya meskipun tidak harus selalu materi dan guru pun tidak mengharapkannya. Oleh karena itu, wajib sebagai seorang penuntut ilmu untuk memiliki dan mencukupi dirinya dengan biaya yang maksimal.

5. Guru

Mencari ilmu pasti membutuhkan guru sebagai sumbernya. Meskipun di era saat ini berkat kecanggihan teknologi, kita memiliki keleluasaan untuk bertemu secara langsung atau menyimak materi dari media lain. Akan tetapi esensi ilmu harus berasal dari seorang guru tetap tidak bisa ditolak.

Perlu kita ketahui bahwa keberadaan guru dan bertatap muka dengan dengannya langsung adalah sebuah keutamaan tersendiri. Khususnya dalam ilmu agama kita mengenal istilah mutawatir sebagai salah satu indikator kualitas ilmu yang kita miliki. Mutawatir artinya tidak terputus hal ini yang mana kita memperoleh pengesahan langsung dari guru yang telah mengajari kita.

6. waktu yang lama

Harus kita pahami bahwa proses menuntut ilmu tidak terjadi dalam waktu yang sebentar. Untuk memahami dan melakukan pendalaman membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu setiap penuntut ilmu wajib mengalokasikan waktu yang tidak sebentar.

Berbagai syarat ini harus terpenuhi oleh seorang penuntut ilmu agar memperoleh ilmu yang berkualitas dan berkah tentunya. Baik itu dalam ilmu agama ataupun ilmu yang lain harus kita pahami juga bahwa semua ilmu adalah jalan untuk mengantarkan kita ke surga.

Baca Juga : Pentingnya menuntut limu

Demikian informasi tentang syarat penuntut ilmu ini. Catatan adalah untuk mengingatkan diri dan semoga bermanfaat bagi yang lain.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *