Cerita tentang kecanggihan komputer dan segala macam pengembangan teknologinya seringkali menjadi tema yang menarik. Begitupun dalam perfilman, ada beberapa judul film yang menggambarkan tentang komputer, baik dilihat dari perkembangan atau dampaknya. Kali ini saya akan menuliskan 5 judul film yang menceritakan tentang komputer yang menarik untuk disaksikan.

5 Film tentang Komputer

The Imitation Game

The Imitiation game (Sumber : fanart.tv)

Film yang bercerita tentang tokoh komputer yang berjasa bagi Inggris dan Sekutu dalam sejarah perang dunia ke-2. Adalah Alan Turing, seorang ilmuwan matematika yang berhasil menggunakan komputer pada saat itu untuk memecahkan kata sandi milik Jerman. Sebuah Mesin bernama enigma bisa menghasilkan serangkaian sandi yang kuncinya selalu berubah dalam kurun waktu tertentu. Alan Turing mengungkapkan jika hanya mesin yang bisa mengalahkan mesin lainnya.

Penggunaan komputer dan latar belakang Alan Turing sebagai penggagas ‘Mesin yang bisa berhitung’ ini seringkali menjadi alasan mengapa Alan Turing dianggap sebagai penemu Komputer. Meskipun demikian, dalam film ini kita akan melihat bagaimana sebuah komputer yang merupakan bagian dari matematika berjasa dalam menghentikan peperangan. Sayangnya, catatan tentang Alan Turing ini baru dibuka pada tahun 2009, setelah hampir 50 tahun lamanya cerita tentang Turing ini disembunyikan dan wafat dalam kondisi sebagai pesakitan.

The Pirates of Silicon Valley

Pirates of Silicon valley (sumber : imdb)

Penggambaran persaingan antara Bill Gates dan Steve Jobs terlihat dalam film satu ini. Meski keakuratan dari film ini masih kontroversial, akan tetapi cerita yang tersaji sangat epik dan bagi sebagian orang akan membuat berkesan. The Pirates of Silicon Valley menggambarkan bagaimana perkembangan komputer berhubungan dengan interaksi di antara pendiri Apple dan Microsoft ini.

Film ini menceritakan bagaimana hubungan dua orang yang paling berpengaruh dalam pengembangan komputer ini. Pertengahan tahun 80-an Personal Computer menjadi primadona yang memiliki potensi pasar yang luar biasa. Steve Jobs dengan segala idealisme-nya berusaha mulai dari garasi rumahnya untuk memproduksi dan menjual PC pertamanya. Begitupun dengan Bill Gates yang berupaya menciptakan satu terobosan terbaru dengan Sistem Operasi yang mudah digunakan. Dalam satu titik dan menjadi klimaks dalam film ini ketika mereka berdua berseteru.

Artificial Intelligence

Artificial intelligence ( sumber : wikipedia)

Sutradara kondang, Steven Spielberg adalah orang yang berhasil menggambarkan ‘Pinokio’ di masa depan. Artificial Intelligence menggambarkan bagaimana kondisi masa depan dengan berbagai jenis robot yang memiliki pikirannya sendiri. Film ini bercerita bagaimana pada akhirnya para robot yang memiliki kecerdasan buatan ini harus berhadapan dengan berbagai masalah yang ada.

Hari ini Artificial Intelligence adalah satu fitur yang sedang berkembang dan terus melakukan inovasi. Meski belum secanggih seperti yang tampak di film, akan tetapi konsep tentang Artificial Intelligence ini bukan tidak mungkin akan ada dalam masa yang akan datang.

Ready Player One

Ready Player One (Sumber : kompasiana)

Lagi-lagi Steven Spielberg menghadirkan sebuah cerita yang menggambarkan masa depan dan komputer. Kali ini sebuah film yang mungkin menjadi idaman bagi para gamer di seluruh dunia. Apa jadinya jika ada sebuah perangkat yang bisa menampung seluruh game dalam 1 virtual game raksasa. Dan dalam game ini terdapat berbagai pilihan yang karakter dan jenis game sesuai dengan keinginan para pemainnya.

Di samping cerita yang kompleks, Ready Player One menghadirkan sebuah visual menarik dan cantik berdasarkan berbagai game yang ada. Bagi kamu yang sering main game dan berharap sudut pandang lain dalam melihat visual game nya, film Ready Player One adalah opsi yang tepat.

Baca Juga : Sinopsis Ready player One – Kompas

HER

Her (sumber : wikipedia)

Bagaimana jadinya kalau komputer bisa berinteraksi dengan kita dengan menggunakan suara ? Bukan hanya itu, bagaimana kalau komputer pun bisa mengerti perasaan kita ? Film ini menggambarkan berbagai kondisi yang terjadi akibat kehadiran komputer canggih yang berperasaan.

Film Her menceritakan tentang kehadiran sistem operasi yang memiliki kecerdasan dan perasaan buatan. Sementara manusia pada momen yang sama juga merasakan kehampaan dan kejenuhan dengan interaksi antar sesama mereka. Pertemua sistem operasi dan pengguna ini menjadi sebuah ikatan emosional yang menarik sekaligus menjadi bahan perenungan bagi masyarakat yang hubungan sosialnya mulai tergerus teknologi.

Baca juga : Jenis-jenis perangkat lunak (Software)

Sebenarnya masih banyak film-film yang bercerita tentang komputer, mulai dari terminator series, trilogi Matrix, Snowden, Who Am I, dan yang lainnya. Mungkin di lain kesempatan kita akan bahas film-film lain yang masih bercerita atau berkaitan dengan komputer. Demikian 5 film tentang komputer semoga informasi ini bermanfaat. Jika ada kritik, masukan dan saran silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

1 Comment

Mengenal Jenis-jenis User Interface – Kang Hadad
Maret 24, 2021

[…] Baca Juga : 5 Film yang bercerita tentang komputer […]

Reply

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.