Seiring perkembangan teknologi komputer dan jaringan berkembang pula teknologi sistem penyimpanan data (storage). Jika kita sebelumnya mengenal media penyimpanan hanya pada perangkat fisik seperti flashdisk, DVD atau Hardisk, nah kali ini kita akan mengenal media penyimpanan yang bersifat cloud. Berikut ini adalah 5 Cloud Storage Gratis yang bisa kita gunakan.

Baca Juga : Media Penyimpanan Data Pada Komputer

Cloud Storage Gratis

Google Drive

Saat ini, Google adalah perusahaan terdepan dalam pengembangan teknologi jaringannya. Termasuk di antaranya adalah layanan penyimpanan bersifat cloud. Google Drive adalah layanan yang otomatis tersedia bagi setiap pengguna akun google atau pemilik akun email dari google.

Laman awal layanan google drive

Google drive menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB yang bisa digunakan secara gratis oleh pengguna. Selain karena banyak yang menggunakan, google drive menjadi layanan penyimpanan yang paling terkenal karena kemudahan penggunaannya. Kita bisa meningkatkan kapasitas bahkan sampai tak terhingga dengan harga tertentu.

One Drive

Onedrive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud besutan perusahaan microsoft. Jika kita mendengar microsoft maka kita langsung menyadari kompabilitasnya dengan sistem operasi windows yang notabene banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, baiknya kamu yang menggunakan windows segera manfaatkan fasilitas onedrive ini.

Tampilan awal layanan onedrive

Layanan onedrive ini gratis, setidaknya untuk yang berkapasitas 5 GB. Sedangkan untuk pilihan kapasitas yang jauh lebih besar tersedia varian harga dan layanan bundling dengan produk microsoft lainnya.

Dropbox

Alternatif lain selain dari google drive dan onedrive adalah dropbox. Drew Houston adalah pencetus layanan dropbox yang hingga hari ini bermanfaat bagi para pengguna komputer. Dropbox hadir dengan berbagai pilihan dan kapasitas. Dan tentunya tersedia pilihan gratis dengan kapasitas 2,5 GB.

Mega Drive

Media penyimpanan berbasis cloud lainnya adalah mega drive. Mega drive adalah layanan dari perusahaan mega yang berasal dari Amerika Serikat. Salah satu fitur yang ditawarkan dalam layanan mega drive ini adalah fitur transfer data yang cepat. Sehingga setiap akses data atau file bisa terjadi lebih cepat.

Mega drive menawarkan layanan gratis dengan kapasitas 15 GB, sementara untuk layanan maksimalnya memiliki kapasitas hingga 8 TB.

4Shared

Satu layanan penyimpanan online berbasis cloud yang cukup lawas adalah 4shared. Layanan yang berasal dari sebuah perusahaan asal ukraina ini memang telah aktif sejak tahun 2004, sehingga wajar jika layanan 4shared ini sudah dikenal cukup lama. Uniknya, sesuai namanya 4shared lebih mengedepankan fitur berbagi sehingga setiap file yang kita upload bisa ‘di intip’ oleh orang lain. Fitur ini cocok bagi kita yang senang berkarya.

Tampilan website 4shared

Kapasitas penyimpanan yang bisa kita gunakan adalah 15 GB untuk akun gratis. Sementara untuk akun berbayar bisa kapasitas 100 GB dengan berbagai fitur tambahan lain tentunya.

Demikian informasi terkait 5 Cloud Storage Gratis yang bisa kita gunakan dalam aktifitas sehari-hari. Selain 5 aplikasi di atas masih banyak aplikasi lain seperti mediafire, uptobox, Telkom Cloud dan yang lainnya.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.