5 Aplikasi Perawatan Komputer Terbaik

Betapa banyak pekerjaan dana aktifitas yang menggunakan komputer. Untuk menunjang berbagai aktivitas tersebut, kita membutuhkan performa komputer yang optimal. Berikut ini adalah 5 aplikasi perawatan komputer yang bisa menjaga kesehatan dan performa komputer kita.

5 Aplikasi Perawatan Komputer

Ccleaner

Ccleaner adalah aplikasi pembersih perangkat (disk cleanup) dari cache, temporary file dan file registry yang tak terlihat namun membebani komputer. Aplikasi besutan piriform ini sudah dipercaya oleh lebih dari 2,5 milyar pengguna. Oleh karena itu aplikasi ini menjadi aplikasi rekomendasi pertama dalam urutan aplikasi perawatan komputer kali ini.

Aplikasi Ccleaner tersedia secara gratis, terutama untuk pemakaian standar. Namun jika kita ingin mendapatkan fitur-fitur yang lebih banyak, kita bisa menginstal versi pro tentu dengan pilihan harga yang sesuai.

Revouninstaler

Dalam perjalanan pemakaian komputer seringkali kita melakukan penginstalan banyak aplikasi. Namun seiring waktu pula, tanpa kita sadari proses uninstal seringkali tidak bersih dan menyisakan berkas-berkas yang membebani komputer kita. Revouninstaler menawarkan sebuah layanan penghapus program yang mendalam.

Revouninstaler menjalankan program uninstal sekaligus memastikan tidak ada lagi sisa-sisa program yang tertinggal. Dalam pemakaiannya, revouninstaler akan menawarkan 3 pilihan scanning sisa file, mulai dari tingkat paling dasar namun proses yang cepat, atau tingkat pemeriksaan mendalam namun dengan proses yang lama.

Revouninstaler tersedia gratis untuk kita gunakan, akan tetapi terdapat pula layanan berbayar untuk mendapatkan fitur-fitur lebih banyak.

Toolwiz Care

Salah satu aplikasi yang menawarkan layanan yang komprehensif adalah toolwiz care. Hampir semua fitur yang kita butuhkan untuk menunjang performa komputer agar tetap sehat dan terjaga tersedia di sini. Dan menariknya toolwiz care bisa berjalan secara background, sehingga pemeriksaan bisa berjalan secara real time tanpa membebani kemampuan komputer secara signifikan.

Toolwiz care tersedia gratis, namun sayangnya aplikasi ini terkahir update pada tahun 2014. Namun jangan khawatir hingga saat ini aplikasi masih bisa berjalan di windows terbaru sekalipun.

EaseUS Partition Master

Hardisk adalah media penyimpanan utama pada komputer, untuk memaksimalkannya kita harus melakukan manajemen penyimpanan dengan baik. EaseUS Partition Master adalah aplikasi manajemen media penyimpanan yang bisa menjaga, dan bahkan mempercepat performa komputer.

Salah satu layanan utama dari aplikasi ini adalah fungsi partisi dari hardisk, yang jika dilakukan secara sembarangan akan sangat beresiko. Oleh karena itu, keberadaan aplikasi EaseUS Partition Master ini adalah untuk membantu kita dalam melakukan partisi hardisk.

Pandora Recovery

Terkadang kita melakukan kesalahan penghapusan data, nah untuk menyelamatkannya kita bisa menggunakan aplikasi Pandora Recovery. Aplikasi ini akan memulihkan kembali data-data baik yang sengaja ataupun tidak terhapus dalam media penyimpanan komputer kita. Dengan sistem pemulihan Disk Drill yang memungkinkan proses penyelamatan data yang banyak hanya dalam beberapa klik saja.

Demikian 5 aplikasi perawatan komputer yang bisa kita gunakan. Selain dari 5 aplikasi ini masih banyak aplikasi perawatan lain yang bisa kita manfaatkan sehingga komputer kita bisa terjaga kesehatannya atau bahkan bisa maksimal membantu setiap aktifitas kita.

kanghadad Written by:

Guru Informatika di SMP IT Baitul Ilmi, Content Creator, Praktisi IT dan Penulis

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *