Salah satu aplikasi yang penting terinstal dan banyak digunakan oleh mayoritas pengguna kompiuter adalah aplikasi Office. Aplikasi office adalah aplikasi atau software yang berisi beberapa aplikasi program yang khas untuk penggunaan dan pengolahan dokoumen. Penggunaan kata office merujuk pada dokumen-dokumen seperti catatan, laporan, presentasi, dan yang lainnya, yang identik dengan penggunaan di lingkungan pekerjaan. Meski demikian penggunaan aplikasi office ini tidak terbatas hanya untuk penggunaan pekerjaan saja, pemanfaatan aplikasi office ini bisa untuk pelajar, pengusaha, atau yang lainnya.

Baca Juga : Jenis-jenis perangkat lunak

Karena tingginya minat penggunaan aplikasi office, banyak perusahaan dan pengembang software yang berlomba-lomba untuk menghadirkan aplikasi yang terbaik. Penggunaan yang mudah, user interface yang nyaman, bahkan kehadiran fitur yang lengkap menjadi indikator kualitas dari aplikasi office. Sayangnya, beberapa aplikasi office di banderol dengan harga yang lumayan tinggi yang membuat pengguna kesulitan. Oleh karena itu kehadiran aplikasi yang murah bahkan gratis bisa menjadi alternatif pilihan terbaik saat ini. Berikut ini adalah 5 Aplikasi Office terbaik yang bisa kita gunakan secara gratis.

5 Aplikasi Office Terbaik Gratis

Open Office

Salah satu software office lawas dan terkenal yang bisa kita gunakan secara gratis. Software Open Office ini berjenis open source sehingga bisa kita gunakan secara gratis dengan berbagai fitur yang tentu sangat bermanfaat. Beberapa fitur seperti writer, calc, impress, draw, base, dan math tentu sudah lebih dari cukup untuk berbagai penggunaan di berbagai lingkungan kerja. Untuk menggunakan software open office ini kita harus mendownload dan menginstalnya terlebih dahulu.

Link Download : Download Open Office

Libre Office

Aplikasi lain yang bisa kita gunakan secara gratis adalah Libre Office. Berkembang dari sebuah komunitas programmer yang mengembangan fitur-fitur dari program Open office, dengan demikian Libre Office pun bersifat Open Source. Karena sifatnya pengembangan dari Open Office, maka fitur-fitur yang tersedia pun kurang lebih sama, namun ada penambahan fitur Chart. Meski demikian, berkat dukungan komunitas programmer, libre office memiliki fungsionalitas yang lebih unggul dan dinamis dengan dukungan berbagai sistem operasi terkini.

Link Download : Download Libre Office

WPS Office

Salah satu program yang mulai berkembang dan banyak digunakan adalah WPS Office. Software office satu ini hadir setelah terlebih dahulu berjalan di platform mobile dengan dukungan cloud, sehingga sifat penggunaannya terasa lebih dinamis. Aplikasi yang berasal dari Singapura ini tersedia secara gratis meski ada pula versi yang berbayar. Hingga saat ini, WPS Office sudah berjalan di multi platform dengan dukungan terbaru pada sistem operasi Mac OS.

Link Download : Download WPS Office

Free Office

Software yang gratis sesuai dengan namanya, Free office hadir sejak tahun 1987 hingga kini. Fitur yang tersedia pada aplikasi Free Office ini adalah word processing (TextMaker), spreadsheet (PlanMaker), presentation graphics (SoftMaker Presentations) and database software (DataMaker). Dengan fitur demikian, sudah cukup bagi pengguna komputer untuk mengolah data-data dan dokumen harian.

Link Download : Download Free Office

Google Docs

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi office di atas, Google Docs hadir secara online. Berbekal nama dan dukungan perusahaan sebesar google, google docs hadir dengan beragam fitur dan fungsi yang beragam. Fitur utama dari google docs ini mulai dari dokumen, spreadsheet, slide, dan formulir, meski demikian masih banyak fitur-fitur lain dari layanan google seperti drive, meet dan lain sebagainya. Untuk menggunakan google docs, syaratnya kita harus memiliki akun google, baik yang personal maupun akun bisnis.

Link : Google Docs

Bonus : Microsoft Office 365 Online

Salah satu raja dari program office adalah software besutan Microsoft. Namun sayang, microsoft office dengan segala kelebihan, dukungan dan kemudahan penggunaannya hadir dengan harga yang lumayan tinggi. Sebagai solusi, microsoft menghadirkan software yang bisa digunakan secara gratis. Syarat untuk menggunakan software ini adalah kita harus memiliki akun microsoft terlebih dahulu, dan jaringan internet karena aplikasi office 365 berjalan online dengan dukungan browser.

Link : Office 365

Demikian 5 Aplikasi Office terbaik yang bisa kita gunakan secara gratis. Dengan ini harapannya kita berhenti untuk menggunakan aplikasi bajakan dan beralih ke aplikasi yang gratis dan bebas kita gunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Sign in to post your comment or sign-up if you don't have any account.